Latest News

Wednesday, 30 November 2016

Peluncuran Jurnal Cendana pada Peringatan HUT PGRI ke 71 dan HGN Ke-22 di Kota Kupang

Kota Kupang, Cakrawala NTT

Peringatan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke 71 dan Hari Guru Nasional (HGN) yang ke 22 di Kota Kupang dirayakan secara terpusat di GOR Oepoi Kupang pada 25/11/2016.
Para guru dari sekolah-sekolah dari tingkatan PAUD sampai SMA di kota Kupang dengan jumlah yang mencapai ribuan, mengikuti rangkaian acara yang diadakan di dalam GOR tersebut. Berlangsung dari pukul 07.30 WITA, acara ini selain sebagian besar diisi dengan sambutan dari pejabat-pejabat, juga diramaikan dengan penampilan tarian dari guru dan siswa-siswa sekolah di kota Kupang. Para siswa SMA 4 menampilkan petunjukan musik perkusi dengan menggunakan barang-barang bekas yang juga diiringi dengan tarian. Guru-guru dari SMA 1 Kupang dalam balutan kostum yang semarak dengan bersemangat membawakan tarian Mogiye.

Acara tersebut mengamil tema “ Membangitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Hadir dalam perayaan itu Wakil Gubernur NTT, Drs.Benny A. Litelnoni,SH,M.Si. Wakil Gubernur membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kata-kata pengantarnya, Wagub mengungkapkan bahwa pemerintah berfokus pada peningkatan pendidikan dengan menekankan pada pentingnya menjamin kesejahteraan guru dan tenaga pendidik pada umumnya. Hal ini dilakukan dengan pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

Di dalam kesempatan itu juga dilaksanakan peluncuran Jurnal Cendana. Sebuah media yang akan menjadi wadah penerbitan karya-karya ilmiah para guru di NTT. Jurnal ini diterbitkan oleh DPD PGRI NTT. Penanggung Jawab dari jurnal tersebut adalah ketua PGRI NTT Drs. Octo Ouwpoly, dengan Dewan Redaksi yang terdiri dari Pengarah Dewan Redaksi : Zacharias Angkasa M.Sc, ED. Ketua Dewan Redaksi: Drs. Sarlota Koroh, dan Bendahara: Drs. Simon P. Manu. Jurnal yang direncanakan untuk terbit setiap bulan ini memiliki tujuh Dewan Penelaah, yang terdiri dari :Dr. Paul Taek MS (Bidang Pendidikan Sains), Dr. Amiruddin Suppu S.Pd, M.Si.(Bidang Pendidikan Teknik dan Kejuruan), Drs. Fakhruddin M.Si. (Bidang pendidikan Sosial dan Humaniora), Dr. I Wayan Sukarjita M.Si. (Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar), Dra. Juliana Nenohai M.Pd. (Bidang Pendidikan Matematika), Drs. Soleman Dapa Taka MA ( Bidang Pendidikan Bahasa Inggris), Drs. Labu Djuli M.Si. ( Bidang Bahasa Indonesia). Pada edisi perdana jurnal ini terdapat tiga puluh karya tulis dari para guru. Selain jurnal diadakan juga peluncuran buku Manajemen Berbasis Sekolah, karya Sarlota Koroh.
Ketua panitia kegiatan, Beny Mauko, S.Pd mengungkapkan bahwa  hari perayaan tersebut adalah puncak dari rangkaian kegiatan-kegiatan yang sudah diselenggarakan pada hari-hari sebelumnya seperti Jalan Santai Berhadiah,Lomba Paduan Suara, dan Pawai Karnaval. (Armando)

 
comments

No comments:

Post a comment