Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kantor Bahasa NTT Selenggarakan Bimtek Guru Utama Revitalisasi Bahasa Manggarai Tahun 2024

Dokumentasi kegiatan. Sumber: Kantor Bahasa NTT.

 

Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (Bahasa Manggarai) Tahun 2024” pada 24-27 Juni 2024 di Hotel Revayah Ruteng, Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini diikuti oleh 78 peserta yang terdiri atas guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur.

 

Kegiatan bimtek tersebut merupakan tahapan lanjutan dari kegiatan Rapat Koordinasi Revitalisasi Bahasa Daerah Antarinstansi Tingkat Pemda Manggarai Timur, Pemda Manggarai, dan Pemda Manggarai Barat pada Mei 2024 lalu. Bimtek ini bertujuan untuk melatih guru utama agar dapat menerapkan dan mengimbaskan pembelajaran bahasa Manggarai di lingkungan sekolah masing-masing dalam upaya pelestarian bahasa Manggarai.



Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Wensislaus Sedan. Wensislaus, dalam sambutannya, mengapresiasi Kantor Bahasa Provinsi NTT yang telah memberikan perhatian terhadap bahasa manggarai melalui program RBD. Wensislaus mengajak peserta untuk dapat belajar dari para maestro dalam mengimplementasikan dan mengimbaskan pembelajaran bahasa Manggarai kepada para peserta didik.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Elis Setiati, menyampaikan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur yang telah mendukung revitalisasi bahasa daerah sejak tahun 2022 lalu. Elis memberikan penguatan kepada para peserta untuk bersemangat dalam belajar dan menyerap ilmu dari para maestro, sehingga dapat mengimplementasikan dan mengimbaskannya di sekolah masing-masing.



Selama kegiatan, para peserta menerima pelatihan dalam memanfaatkan talenta mereka untuk mendukung upaya revitalisasi bahasa dan sastra Manggarai. Materi yang disampikan mencakup dongeng, puisi, cerpen, torok, sanda mbata, nenggo, dan lagu daerah. Materi-materi ini disampaikan oleh para maestro, yaitu Kanisius Theobaldus Deki, Armin Bell, dan Felix Edon.

 

Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan dapat menyebarluaskan upaya revitalisasi bahasa Manggarai di lingkungan sekolah mereka dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa Manggarai kepada peserta didik dan makin banyak muncul penutur baru yang mencintai bahasa Manggarai. (Aris Edo Riyandhika/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments