Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

OSIS SMPS Putri St. Xaverius Kefamenanu Ikuti Latihan Kepemimpinan Dasar, Begini Pesan Kepala Sekolah

Para peserta LKD sedang menyimak salah satu materi yang dipaparkan oleh narasumber.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) Putri St. Xaverius Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) selama 3 hari, yakni Jumat-Minggu (7-9/6/2024), di sekolah setempat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SMPS Putri St. Xaverius Kefamenanu, Sr. Yohana Bone, SSpS., S.Ag., Jumat (7/6/2024).

 

Menurut Sr. Yohana, kegiatan LKD diadakan untuk melatih para peserta didik yang tergabung dalam OSIS agar mampu menjadi pemimpin yang baik, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala hal, sekaligus menjadi contoh atau teladan bagi peserta didik lainnya.

 

“Pengurus OSIS adalah teladan dari sekolah. Kegiatan ini diadakan untuk mempertegas hal itu. Kegiatan ini bertujuan untuk membina para peserta didik tentang bagaimana memimpin organisasi sejak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP),” ungkapnya.


Kepala SMPS Putri St. Xaverius Kefamenanu.

Ia mengatakan, pihak sekolah selalu mempersiapkan bibit-bibit unggul untuk masa depan yang lebih baik. Hal itu, sambung Sr. Yohana, sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan LKD, yakni “Membangun Generasi Muda yang Tertib Beribadah, Tertib Belajar, dan Tertib Organisasi (3T).

 

Sr. Yohana turut berpesan agar para peserta LKD bisa mengikuti dan mengamalkan semua materi dan pengalaman yang diperoleh ke dalam kehidupan berorganisasi.



Menjadi Modal dalam Berorganisasi

 

Sementara itu, Wakil Pembina OSIS SMPS Putri St. Xaverius Kefamenanu, Kritoforus Siki, S.Pd., menerangkan bahwa LKD merupakan pedoman untuk melatih, membina, dan mengarahkan para pengurus OSIS secara fisik, mental, dan karakter/akhlak agar terbiasa dan fokus dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

 

“Ini merupakan kegiatan perdana pada tingkat SMP di Kabupaten TTU yang akan menjadi modal bagi para peserta didik dalam menjalani kehidupan berorganisasi sekaligus belajar menjadi calon pemimpin masa depan,” tambahnya.



Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi “Who Am I” oleh Sr. Apriana Lisabim Nitti, SSpS. Selain itu, LKD ini juga melibatkan beberapa pihak, seperti Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St. Yohanes Don Bosco Cabang Kefamenanu, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Kefamenanu, Kepolisian Resort (Polres) TTU, dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten TTU, dengan beragam materi yang diberikan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments