Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Meriahkan Hardiknas, SMPN 4 Fatuleu Gelar Lomba Cipta-Baca Puisi dan Gerak Lagu Sekolah Sehat

Pose bersama.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Fatuleu, Kabupaten Kupang, menggelar lomba cipta dan baca puisi serta gerak lagu sekolah sehat, Kamis (2/5/2024). Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah tersebut diikuti oleh perwakilan peserta didik seusai upacara bendera.

 

Dalam arahannya, Kepala SMPN 4 Fatuleu, Johanis Ludji Leo, menerangkan bahwa pihak sekolah menggelar perlombaan cipta dan baca puisi sebagai tindak lanjut dari workshop literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang bekerja sama dengan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala beberapa waktu yang lalu.


Kepala SMPN 4 Fatuleu.

Sedangkan, perlombaan gerak lagu sekolah sehat adalah bagian dari implementasi program sekolah sehat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

“Kedua perlombaan ini digelar untuk memeriahkan Hardiknas. Lomba cipta dan baca puisi adalah tindak lanjut dari workshop literasi beberapa waktu lalu, sedangkan, lomba gerak lagu sekolah sehat adalah bagian dari implementasi program sekolah sehat,” ungkapnya.


Lomba gerak lagu sekolah sehat.

Johanis berharap, perlombaan tersebut bisa memberikan ruang pembentukan karakter bagi para peserta didik. Selain itu, sambungnya, seluruh warga SMPN 4 Fatuleu dapat mendukung keberlanjutan program Merdeka Belajar sesuai dengan arahan Kemendikbudristek.

 

Untuk diketahui, perlombaan cipta puisi telah dimulai terlebih dahulu, di mana para peserta mengirimkan karyanya kepada tim juri untuk dinilai, baik dari segi kesesuaian tema, kedalaman makna, dan sebagainya. Sedangkan, perlombaan baca puisi diikuti oleh 19 peserta dengan membacakan salah satu dari dua puisi wajib yang diberikan oleh tim juri.


Lomba baca puisi.

Kepada media ini, salah seorang tim juri, Reineldis Alviana Jaimun, mengapresiasi para peserta yang telah menciptakan dan membacakan puisi dengan baik. Menurutnya, para peserta bisa memahami kedalaman makna dari sebuah puisi sehingga mampu membacakannya dengan penuh penghayatan.

 

“Mereka sangat bagus. Semoga mereka selalu belajar untuk menghasilkan karya sastra, khususnya puisi, dengan baik ke depannya. Kita berharap, kegiatan serupa bisa terus digelar agar memberikan ruang pengembangan diri bagi para peserta didik, ” pungkasnya. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments