Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kelompok Guru SD di Kabupaten Kupang Ikuti Penyegaran Kompetensi Berbahasa Tahun 2024

Pose bersama.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sejumlah 44 guru dari 22 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kupang dan seorang staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang mengikuti kegiatan “Peningkatan Kompetensi: Penyegaran Kemahiran Berbahasa bagi Guru SD se-Kabupaten Kupang Tahun 2024” yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (6-8/5/2024), di Hotel Sotis Kota Kupang tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Eliazer Teuf.



Dalam sambutannya, Eliazer mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat berguna bagi para guru dalam memenuhi tantangan masa kini.

 

“Kini guru dituntut untuk tidak hanya mengajar, tetapi juga menulis. Guru-guru SD dari Kabupaten Kupang harus dapat menulis dengan baik,” ujarnya.



Sementara itu, Plh. Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT menyampaikan agar para guru tidak hanya menikmati ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini untuk diri, tetapi agar membagikannya dengan rekan sejawat yang tidak mendapat kesempatan mengikuti kegiatan.

 

“Bapak Ibu guru harus mengimbaskan kegiatan ini setidaknya kepada satu orang karena tidak semua guru bisa kami ikutkan dalam kegiatan ini,” tuturnya.

 

Pemateri kegiatan ini adalah Staf Teknis Kantor Bahasa Provinsi NTT, yakni Christina T. Weking, Rafli U. Pinka, dan Aris E. Riyandhika. Adapun materi yang disajikan, antara lain ialah Ejaan, Bentuk dan Pilihan Kata, Struktur Kalimat dalam Bahasa Indonesia, Sastra dalam Pembelajaran, Jenis-jenis Teks, dan sebagainya. Materi-materi tersebut dibawakan secara interaktif dan atraktif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk aplikasi kuis berbasis daring, seperti Kahoot dan Quizizz.



Pada hari terakhir, pemateri membedah tugas menulis yang dikerjakan para guru. Jenis teks yang dihasilkan bervariasi dengan isi yang beragam. Pada penutupan kegiatan, peserta dibagikan buku terbitan Kantor Bahasa Provinsi NTT untuk dimanfaatkan di sekolah asal para peserta. Selain itu, peserta dengan nilai tes akhir tertinggi juga mendapatkan apresiasi dari Kantor Bahasa Provinsi NTT. (Denis/KBNTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments