Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

BPMP NTT Gelar Semarak Gerakan Sekolah Sehat

Suasana sosialisasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS).


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan “Semarak Gerakan Sekolah Sehat (GSS)”, Kamis (2/5/2024). Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin oleh Kepala UPT LLDikti Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng.

 

Upacara dan kegiatan GSS tersebut dihadiri oleh Pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) beserta jajaran, mitra pembangunan, Dharma Wanita BPMP Provinsi NTT, serta perwakilan kepala sekolah, guru, dan peserta didik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Total peserta pada kegiatan tersebut sebanyak 245 orang yang hadir secara daring maupun luring.



Penanggung Jawab Program GSS, Irma Rupidara, mengatakan bahwa GSS merupakan upaya sadar tentang penerapan sekolah sehat yang dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus oleh semua pihak, mulai dari pemerintah pusat sampai daerah, para mitra pembangunan, satuan pendidikan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

 

“GSS berfokus pada ‘Sehat Bergizi,’ ‘Sehat Fisik’, ‘Sehat Imunisasi’, ‘Sehat Jiwa’, dan ‘Sehat Lingkungan’ di satuan pendidikan,” jelasnya.



Ia menerangkan, “Sehat Gizi” bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik melalui penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi seimbang; “Sehat Fisik” bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik seluruh ekosistem atau warga sekolah/satuan pendidikan; “Sehat Imunisasi” bertujuan untuk meningkatkan capaian imunisasi peserta didik agar memperoleh imunisasi dasar lengkap; “Sehat Jiwa” bertujuan untuk meningkatkan perkembangan peserta didik, baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, sehingga mampu menyadari kemampuan diri dan dapat mengatasi tekanan; serta “Sehat Lingkungan” bertujuan untuk meningkatkan kondisi satuan pendidikan yang dapat mendukung tumbuh-kembang peserta didik secara optimal dan membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Irma menambahkan, GSS bermanfaat bagi peserta didik, guru, orang tua, dan satuan pendidikan itu sendiri, sehingga GSS menyasar seluruh satuan pendidikan dari berbagai jenjang serta ekosistem keluarga dan masyarakat.



Sementara itu, Ketua Panitia Hardiknas dan Semarak GSS, Nur Khalil Rahman, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk merayakan momentum Hardiknas sekaligus memaknai keberlanjutan Kurikulum Merdeka serta memastikan anak-anak Indonesia, terkhususnya di NTT, lebih sehat dan cerdas.

 

“Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, mulai dari upacara, senam sehat, pemberian makanan sehat, sosialisasi GSS, permainan edukatif tentang GSS bagi peserta didik, dan penandatanganan komitmen bersama untuk mendukung GSS,” tutup Nur. (BPMP NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments