Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Luar Biasa! Mahasiswa Unwira Raih Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Eksata Tahun 2024



Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Program Studi (Prodi) Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, berhasil meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Riset Eksata Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.


Baca juga:  Dorong Generasi Z sebagai Agen Transformasi Digital Global, BEM UNWIRA Gelar PISMA VIII

 

Hal itu sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 19 April 2024, di mana Unwira berhasil meraih pendanaan untuk dua (2) judul penelitian di Bidang Riset Eksata (PKMRE) dengan judul “Desain Biofilter dengan Memanfaatkan Limbah Organik untuk Menurunkan Fecal Caliform pada Sumber Mata Air Merbaun” dan “Jenis Pohon Bioindikator Kualitas Mata Air di Daerah Semi Arid”.  

 

Dosen Pendamping PKM, Chatarina G. Semiun, S.Si., M.Si., mengatakan, kedua penelitian tersebut dikembangkan dari tugas akhir mahasiswa Prodi Biologi semester VIII.

 

“Ide penelitian berasal dari proposal mahasiswa yang kemudian kami kembangkan sesuai dengan kajian yang dipilih,” ujarnya.



Ia menambahkan, penyusunan proposal mengacu pada pedoman PKM. Dalam prosesnya, ungkap Chatarina, tidak terdapat banyak kendala selain menyesuaikan waktu dengan mahasiswa dan mengecek kesesuaian proposal dengan pedoman.

 

“Tidak terlalu banyak kendala dalam prosesnya. Saya harus memastikan proposal sesuai dengan format dan kemudian membimbing para mahasiswa dengan revisi,” tandas Chatarina.


Baca juga:  Peduli Stunting, Mahasiswa FISIP UNWIRA Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Desa Oringbele

 

Terkait rencana tindak lanjut, Chatarina menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi antartim dan melibatkan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Unwira. Ia berharap, kedua tim bisa melaksanakan penelitiannya dengan baik dan tepat. (Yosefa Saru/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments