Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KMPK-Kupang Gelar Kegiatan LKTD bagi Anggota Aktif

Ketua Umum KMPK-Kupang, Venansius Sirfan, saat menyampaikan pidato pembukaan.

 

Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kesatuan Mahasiswa Pelajar Komodo (KMPK)-Kupang menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) bagi anggota aktif selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu (5-6/4/2024), di Gedung Pramuka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).  Kegiatan tersebut mengusung tema “Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Berkualitas dan Inovatif di Era Disrupsi” serta dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina KMPK-Kupang, Alosius Min.

 

Dalam sambutannya, Alosius mengatakan bahwa pemimpin adalah tugas perutusan bagi para kader untuk mengabdi pada kepentingan masyarakat. Hal itu, ungkapnya, menjadi tugas organisasi untuk melahirkan dan merawat nilai-nilai kepemimpinan.

 

“Sebagai organisasi yang melahirkan pemimpin, KMPK-Kupang harus melakukan banyak pembenahan dalam format dan substansi pembinaan dengan mendasar pada syarat tuntutan zaman dan lingkungan,” jelasnya.


Ketua Dewan Pembina KMPK-Kupang, Alosius Min, saat membuka kegiatan.

Ia berharap, kegiatan LKTD tersebut bisa menjawabi dan memenuhi tuntutan kriteria kepemimpinan yang kontekstual. Untuk itu, sambung Alosius, para kader harus memiliki sumber daya kepemimpinan yang memadai.

 

Senada dengan itu, Ketua Umum KMPK-Kupang, Venansius Sirfan, mengungkapkan bahwa menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Seorang pemimpin, sambungnya, harus bisa menemukan solusi di setiap persoalan serta selalu terbuka terhadap berbagai masukan dan kritik demi kemajuan organisasi.

 

“Seorang pemimpin adalah dia yang mengetahui, menunjukkan jalan, dan mau berjalan bersama ke arah yang dituju. Menjadi pemimpin adalah tugas yang mulia karena turut menjadi harapan bagi banyak orang,” tukasnya.



Lebih lanjut, Ketua Panitia Kegiatan, Goy Supardi, menerangkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah, membentuk, dan mendukung jiwa kepemimpinan orang muda, terkhususnya para kader, dalam menghadapi tantangan zaman yang begitu masif.

 

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh 38 anggota aktif, 15 anggota panitia pelaksana, dan 3 anggota badan pengurus. (MDj/red)   


Post a Comment

0 Comments