Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SDK St. Arnoldus Penfui-Kupang Gelar Bimtek Penguatan Literasi bagi Guru dan Peserta Didik, Begini Harapan Kepsek

 

Kepala SDK St. Arnoldus Penfui, Yohanes Tamo Ama.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Dasar Katolik (SDK) St. Arnoldus Penfui, Kota Kupang, menggelar kegiatan bimbingan teknis penguatan literasi bagi guru dan peserta didik selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (1-3/2/2024). Kegiatan yang didukung oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala tersebut terdiri dari pendampingan penulisan esai berbasis pembelajaran bagi guru dan pendampingan program Lispena (Literacy and Performing Arts) bagi peserta didik.

 

Kepada media ini, Kepala SDK St. Arnoldus Penfui-Kupang, Yohanes Tamo Ama, menuturkan, penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengembangkan dan meningkatkan aspek literasi di kalangan guru dan peserta didik.

 

“Kegiatan positif ini sangat penting bagi kami, sebab dapat mendukung pengembangan dan peningkatan aspek literasi di kalangan guru dan peserta didik, apalagi ini juga bisa menunjang pengimplementasian rencana atau program kami terkait literasi,” ujarnya di sela-sela kegiatan, Kamis (1/2/2024).


Pendampingan kelas peserta didik.

Yohanes berharap, melalui kegiatan bimtek tersebut, para guru dan peserta didik bisa mengembangkan potensi diri dengan baik. Para guru, sambungnya, dapat menyusun dan menghasilkan karya tulis ilmiah sesuai dengan pengalaman pembelajaran, sedangkan, para peserta didik, tambah Yohanes, dapat menyalurkan minat dan bakatnya dengan baik.

 

Selain itu, lanjut Yohanes, hasil atau output dari kegiatan literasi tersebut bisa berimbas pada pembelajaran, sehingga proses transfer ilmu bisa sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


Pendampingan kelas guru.

“Kita berharap, semoga ini dapat berimbas juga pada pembelajaran. Dengan begitu, upaya peningkatan mutu pendidikan, terutama dalam aspek literasi, bisa terwujud sebagaimana mestinya,” tukas Yohanes.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang serta Yayasan Rumah Literasi Cakrawala yang telah mendukung kelancaran kegiatan tersebut. Baginya, semangat sinergitas dan kolaborasi harus terus digaungkan demi kemajuan pendidikan yang lebih baik.



Sementara itu, Direktur Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Gusty Rikarno, mengapresiasi langkah baik yang telah dilakukan oleh SDK St. Arnoldus Penfui. Menurutnya, dengan mengakarkan literasi di lingkungan pendidikan, mimpi besar untuk memajukan dunia pendidikan bisa terwujud.

 

“Kami sangat mengapresiasi langkah baik ini. Terima kasih karena sudah bergerak dan sama-sama berkomitmen untuk mengakarkan literasi di lingkungan pendidikan ini,” ucapnya.



Pantauan media, bimtek literasi tersebut dibagi ke dalam 2 kelas pendampingan, yakni kelas guru dan peserta didik. Pada kelas guru, para peserta diberikan pre-test dan pemaparan materi singkat terkait penulisan esai berbasis pembelajaran. Sedangkan, pada kelas peserta didik, para peserta didampingi sesuai dengan potensi yang dimiliki. Para peserta didik didiagnosis dan dipetakan sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments