Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Wujudkan Pembelajaran yang Berkualitas, Mahasiswa PGSD UMK Gelar Pameran Media Pembelajaran

 

Suasana pameran media pembelajaran yang digelar oleh kelompok mahasiswa PGSD UMK.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kegiatan belajar dan mengajar merupakan pokok dari keseluruhan proses pendidikan. Berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan tergantung pada proses dan pengelola pembelajaran. Guna mendukung tercapainya tujuan tersebut, guru dianjurkan untuk bisa menyediakan dan menggunakan berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, apalagi di era pemanfaatan teknologi saat ini.  

 

Guru sebagai fasilitator tentu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran. Meskipun, pada beberapa kondisi, guru sering mengabaikan keberadaan media pembelajaran karena alasan tertentu, tetapi sudah seharusnya media pembelajaran digunakan untuk menunjang transfer ilmu dalam kegiatan belajar dan mengajar.  



Berangkat dari alasan tersebut, maka kelompok mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), menggelar pameran media pembelajaran dengan mengusung tema “Pameran Creative, Original, and Education (COE) sebagai Luaran Mata Kuliah Pengembangan PKN SD”, Kamis (25/1/2024).

 

Kegiatan pameran tersebut berlangsung di Ruangan Kuliah Komunitas Belajar Mengajar UMK dan berhasil menghasilkan perangkat pembelajaran, seperti Silabus, RPP, LKPD, dan Materi, serta kurang lebih 10 media pembelajaran yang menarik.

 

Dosen PGSD UMK, Budi Kurniawan, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, pameran tersebut digelar dengan tujuan untuk mengembangkan potensi dan kreativitas mahasiswa sekaligus memberikan pengalaman baru terkait media pembelajaran.



“Pengalaman yang didapatkan dalam kegiatan pameran ini merupakan langkah awal yang baik bagi para mahasiswa untuk menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif serta dapat berkontribusi nyata kelak dalam dunia pendidikan demi mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas,” ungkapnya.

 

Sementara itu, salah satu penyelenggara pameran, Lidwina Intan Hoar Leki, menuturkan, pameran tersebut bisa menjadi wadah belajar bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan potensinya.



“Kegiatan ini sangat luar biasa. Kami sebagai calon guru bisa mengembangkan kreativitas dan potensi dalam diri kami, sehingga nanti pada saat turun ke sekolah-sekolah, ini bukan lagi menjadi hal yang baru bagi kami dan ini bisa menjadi pengalaman yang akan kami bagikan dan terapkan kepada peserta didik,” tukasnya.

 

Pameran tersebut diharapkan bisa menjadi wadah belajar bagi para mahasiswa, terutama dalam mengembangkan media pembelajaran. Dengan begitu, para mahasiswa sebagai calon-calon guru bisa menjadi fasilitator pembelajaran yang handal di kemudian hari, sekaligus mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. (Margareta Dada Leba Ndappa/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments