Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPN 13 Kota Kupang Gelar Syukuran Nataru Bersama, Begini Makna dan Harapan yang Diusung

 

Dokumentasi kegiatan.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Keluarga Besar UPTD Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 13 Kota Kupang menggelar acara Syukuran Natal dan Tahun Baru (Nataru) Bersama di halaman sekolah setempat, Sabtu (20/1/2024). Acara syukuran tersebut mengambil tema Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi (Luk, 2 : 14) dan subtema Melalui Natal Kita Tingkatkan Solidaritas terhadap Peserta Didik dan Lingkungan.

 

Acara syukuran tersebut diawali dengan ibadat bersama dan disertai dengan seremoni perpisahan dengan para guru yang akan berpindah tugas. Tampak hadir dalam acara tersebut, yakni para guru, tenaga kependidikan, pegawai, peserta didik, dan tamu undangan.  

 

Dalam khotbahnya, Pdt. Markus O. Roga, S.Th. mengatakan, syukuran Natal dan Tahun Baru tersebut mengusung makna kerendahan hati. Hal itu, ujarnya, terwujud dalam diri Allah yang mengambil rupa manusia, meskipun memiliki segala sesuatu.

 

“Ini yang hendak kita reflesikan. Kadang, kita yang memiliki sedikit saja, tetapi sudah menganggap diri lebih dari yang lain,” ungkapnya.


Pdt. Markus O. Roga.

Markus menambahkan, di dalam Injil Lukas, terdapat sejumlah orang yang dipakai oleh Tuhan untuk menggambarkan makna kerendahan hati dan berserah diri.

 

“Sosok pertama adalah Maria yang tetap berserah diri dengan kerendahan hati. Sosok berikutnya adalah kelompok papan bawah, yaitu para gembela, orang-orang pinggiran. Mereka yang mendengarkan paduan suara di padang gembala,” ujarnya.

 

Ia berpesan agar Keluarga Besar UPTD SMPN 13 Kota Kupang bisa menghayati makna dari perayaan Natal serta selalu mengusung harapan dan semangat baru di tahun yang baru.  

 

“Jangan sia-siakan waktu yang diberikan Tuhan untuk belajar karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama,” ucap Markus di akhir khotbahnya.


Kepala SMPN 13 Kota Kupang, Yusak S. Olla.

Sementara itu, Kepala SMPN 13 Kota Kupang, Yusak S. Olla, dalam sambutannya, mengajak seluruh Keluarga Besar UPTD SMPN 13 Kota Kupang untuk dapat merefleksikan seluruh kinerja di tahun 2023, serta memacu semangat bekerja guna meraih prestasi di tahun 2024.

 

“Dengan melihat rapor mutu, kita mesti lebih meningkatkan rapor mutu pada aspek karakter, kebhinekaan, literasi, dan numerasi di tahun 2024 ini,” pesannya.

 

Di sisi senada, Ust. Dahrul Ikhwanul Umar, turut mengajak seluruh peserta didik untuk mewujudkan toleransi di antara umat beragama.

 

“Kita mesti bangga hidup di negara ini, meski berbeda keyakinan, tetapi tetap satu. Oleh sebab itu, kita mesti merawat persatuan ini dengan hidup bertoleransi,” ungkap Ustad dari Pondok Darul Aulya Kota Kupang tersebut.



Untuk diketahui, pada momen tersebut, Kepala SMPN 13 Kota Kupang juga menyampaikan terima kasih kepada para guru, yakni Dedy Sanjaya, Jefri Tampani, dan Agustina Seran, yang akan berpindah tugas.

 

“Terima kasih kepada Bapak dan Ibu yang telah mengabdikan diri di sekolah ini. Laksanakanlah tugas panggilan di tempat yang baru dan tetap menjadi bagian dari keluarga besar ini,” pungkas Yusak setelah menyematkan cincin sebagai cendera mata kepada ketiga guru tersebut. (Jonny Liwu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments