Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kadis PK TTU: Budaya adalah Kekayaan Daerah yang Harus Dilestarikan

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU (tengah) saat menyampaikan sambutannya.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Beato Yosef Fr. Omenu, S.STP., menegaskan bahwa budaya adalah kekayaan daerah yang harus dilestarikan. Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi kegiatan Lomba Tari Kreasi Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Kabupaten TTU pada Selasa, 5 Desember 2023, di Aula Gedung Dharma Wanita Kefamenanu.

 

Menurut Frent, pelestarian budaya dapat dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah yang mengandung nilai-nilai budaya. Hal itu, sambungnya, bisa menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap pelestarian budaya sekaligus mengembangkan minat dan bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler.



“Kegiatan seperti lomba tari kreasi ini juga bisa menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya, sekaligus menjadi wadah pembinaan minat, bakat, dan kreativitas peserta didik. Dengan begitu, kita bisa menumbuhkan kepedulian mereka terhadap nilai-nilai budaya dan mereka bisa mengembangkan rasa percaya diri, keberanian, dan tanggung jawab. Semua itu tentu berkaitan erat dengan perwujudan profil pelajar Pancasila,” ungkap Frent.

 

Ia mengatakan, kegiatan-kegiatan serupa harus mampu menarik minat dan bakat peserta didik untuk terlibat di dalamnya. Dengan demikian, harap Frent, para peserta didik bisa memiliki kesadaran dan kepedulian untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan secara turun temurun.



Untuk diketahui, sesuai laporan Ketua Panitia, Cendana W. Baksuni, terdapat 7 SMP dan 12 SD yang terlibat di dalam perlombaan yang berlangsung pada 5-6 Desember 2023 tersebut. (Gervas Salu/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments