Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bupati Kupang Apresiasi Kerja Sama Pemkab Kupang dan Bank NTT

 
Pose bersama. 


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Kupang, Korinus Masneno, mengapresiasi PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT)/Bank NTT yang telah menjadi mitra kerja bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang. Hal itu diutarakannya saat menggelar penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Kupang dan Bank NTT terkait Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penerapan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (Pemda), Jumat (15/12/2023), di Kantor Bupati Kupang.

 

Masneno mengatakan, objek kerja sama dalam kesepakatan bersama tersebut difokuskan pada dua hal. Pertama, optimalisasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) Pemkab Kupang tentang penyertaan model berupa BMD/Inbreng. Kedua, penerapan penggunaan KKPD dalam meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan, meningkatkan keamanan bertransaksi, mengurangi potensi tindakan melawan hukum, serta mengurangi dana (cost of fund) dan idle cash.



“Salah satu perjanjian kerja sama saat ini adalah membuat sistem yang menolong kita dalam pelaksanaan transaksi kegiatan-kegiatan pembangunan di kabupaten Kupang yang lebih mudah dan menghindari adanya transaksi keuangan yang langsung dipegang dari setiap tangan. Ke depan, semua transaksi dilakukan secara digital, sehingga mencegah kehilangan uang dan memudahkan pertanggungjawaban. Setiap transaksi akan lebih efektif dan efisien serta dapat mencegah korupsi,” ungkapnya.

 

Masneno meminta perangkat daerah yang secara teknis menangani kerja sama tersebut untuk dapat meningkatkan intensitas perjanjian kerja sama sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memberikan inovasi-inovasi baru. Hal itu, sambungnya, dapat mendukung peningkatan pembangunan kabupaten Kupang secara berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan perekonomian yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.



Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, turut mengparesiasi kerja sama yang telah dibangun bersama Pemkab Kupang tersebut. Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kupang, termasuk DPRD, yang berkomitmen meningkatkan setoran modal ke Bank NTT.

 

Ia menjelaskan, secara administrasi, semua mitra kerja Pemkab Kupang bisa terakses sebab layanan KKPD sangat memudahkan dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan transaksional yang dilaksanakan. Dengan modernisasi dan digitalisasi, sambung Harry, waktu yang dibutuhkan semakin cukup dan lebih efisien.

 

“Atas nama seluruh karyawan Bank NTT, saya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kupang, sebab Pemkab Kupang sebagai pemegang saham terbesar kedua di NTT. Mudah-mudahan, deviden yang dihasilkan mampu menopang PAD sehingga kontribusi Bank NTT selaku bank pembangunan daerah dapat termanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.



Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut, Bank NTT menyerahkan bantuan peduli stunting kepada Pemkab Kupang berupa sumbangan sebesar Rp. 50.000.000.

 

Turut hadir, Forkopimda Kabupaten Kupang, diantaranya Kapolres Kupang, Anak Agung Gde Anom Wirata, dan Perwira Penghubung Kodim 1604/ Kupang, Parada Napitupulu, serta perwakilan dari Kajari Kabupaten Kupang, Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi, Frans Boli Tobi, Pejabat Lingkup Pemkab Kupang, diantaranya Plt. Sekda, Mesak Elfeto, Asisten III, Novita Foenay, dan Kaban PKAD, Okto Tahik. (Prokopim Kab. Kupang/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments