Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bawaslu NTT dan Unwira Kupang Gelar Kegiatan “Bawaslu Goes to Campus”

 

Pose bersama.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar kegiatan Bawaslu Goes to Campus sebagai upaya pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) partisipatif, Rabu (29/11/2023), di Aula St. Hendrikus, Lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus Penfui.

 

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa Pemateri, yakni Thomas Dohu, S.HUT., M.Si., Mikhael Feka, SH., MH., Jemris Fountuna, S.Pi., MH., dan Maria Via Dolorosa Swan, S.Sos., M.Med.Kom. Selain itu, turut hadir sebagai peserta, para mahasiswa Unwira, terkhususnya Fakultas Hukum.

 

Dalam pengantarnya, Ketua Panitia Kegiatan, Dra. Denny Fanny Matulessy, M.M., menjelaskan, hasil survei menunjukkan bahwa pemilih pemula dengan rentang usia antara 17-35 tahun mayoritas berasal dari kelompok pelajar dan mahasiswa. Dengan kata lain, jelasnya, kelompok  pelajar dan mahasiswa akan mengambil andil terbesar dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang.



“Dengan adanya pengawasan pemilu partisipastif dalam bentuk Bawaslu Goes to Campus ini diharapkan mahasiswa sebagai bagian dari pemilih pemula dapat berperan aktif dalam pengawasan pemilu mendatang,” ungkapnya.


Baca juga: Universitas Katolik Widya Mandira Berkolaborasi dengan Masyarakat untuk Pembangunan Taman Doa


Sementara itu, Wakil Rektor III Unwira, Drs. Rodriques Servatius, M.Si., berharap, para mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dapat menjadi perantara informasi yang baik kepada keluarga dan sesama pada perhelatan Pemilu 2024 mendatang.

 

“Pemilu itu pemilihan umum dimana kita memilih anggota legislatif dan eksekutif yang kita percaya untuk memimpin bangsa ini selama 5 tahun ke depan. Oleh sebab itu, sosialisasi ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menjalankan perannya dalam Pemilu 2024 yang akan datang,” ujarnya.



Di sisi senada, Anggota Bawaslu Provinsi NTT, Amrunur Muh. Darwan, S.Si., mengatakan, mahasiswa memiliki peran yang sangat strategis untuk menentukan kualitas demokrasi Pemilu 2024.


Baca juga: Dorong Internasionalisasi, UNWIRA Gandeng Kedutaan Besar Polandia


“Bawaslu Provinsi NTT menghadirkan beberapa narasumber dengan harapan agar kita tidak hanya menjadi penonton, apalagi ruang kampus adalah ruang akademis dimana adik-adik memiliki kekuatan untuk menguji kualitas demokrasi kita. Ruang ini harus bisa dimanfaatkan untuk menguji calon pemimpin-pemimpin kita,” terangnya. (Jefri Seran/Ocha Saru/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments