Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMP Negeri 1 Mego Gelar Workshop Peningkatan Literasi bagi Guru dan Peserta Didik

 

Suasana pembukaan kegiatan workshop literasi di SMP Negeri 1 Mego.


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Mego, Kabupaten Sikka, menggelar kegiatan Workshop Peningkatan Literasi bagi Guru dan Peserta Didik selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (6-8/11/2023). Kegiatan yang didukung oleh Yayasan Rumah Literasi Cakrawala tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SMP Negeri 1 Mego, Fransiskus Roga, S.Pd., Senin (6/11/2023).

 

Dalam sambutannya, Fransiskus menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, peningkatan literasi sangat penting bagi guru dan peserta didik.

 

“Terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.


Kepala SMP Negeri 1 Mego (kanan) saat menyampaikan sambutan.

Ia mengatakan, dewasa ini, para guru dan peserta didik dituntut untuk mampu mengakses dan menganalisa informasi. Hal itu, ungkap Fransiskus, bisa terwujud apabila kecakapan dan kemampuan berliterasi berada pada taraf yang positif. Untuk itu, terangnya, literasi wajib ditingkatkan pada semua satuan pendidikan.

 

“Tentunya, literasi itu sangat penting dan kami membutuhkannya. Dengan kemampuan berliterasi yang baik, maka kita semua bisa menguasai dan menganalisa informasi dengan baik,” tukasnya.

 

Fransiskus mengungkapkan, SMP Negeri 1 Mego telah memperoleh predikat sebagai Sekolah dengan Kemajuan Terbaik, sehingga wajib dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan, sambungnya, adalah dengan meningkatkan aspek literasi bagi para guru dan peserta didik.


Pose bersama para guru SMP Negeri 1 Mego.

Untuk itu, ia berharap agar para peserta workshop bisa mengikuti kegiatan tersebut secara baik, sehingga bisa menghasilkan produk literasi yang berkualitas.

 

Sementara itu, ketika ditemui di sela-sela kegiatan workshop, Perwakilan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala, Mustakim, menyampaikan terima kasih kepada pihak SMP Negeri 1 Mego yang telah menjalin kerja sama dengan Yayasan Rumah Literasi Cakrawala.

 

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama dan kolaborasi untuk peningkatan literasi di kalangan guru dan peserta didik,” ujarnya.

 

Ia menerangkan, kegiatan workshop peningkatan literasi bagi guru dan peserta didik tersebut harus berorientasi pada pembentukan kultur literasi yang baik.


Pose bersama para peserta didik SMP Negeri 1 Mego.

“Kita selalu menyasar pengembangan kultur literasi di kalangan guru dan peserta didik, sehingga kegiatan ini tidak hanya selesai pada sesi pemaparan materi dan pendampingan menulis, tetapi lebih jauh dari itu, yakni pengembangan potensi diri dan aspek literasi yang berkelanjutan,” ungkapnya.

 

Untuk diketahui, kegiatan workshop tersebut diikuti oleh perwakilan peserta didik dan jajaran guru SMP Negeri 1 Mego. Para guru akan didampingi untuk menyusun dan menghasilkan karya tulis ilmiah, sedangkan para peserta didik didampingi untuk mengembangkan potensi diri melalui program Lispena (Literacy and Performing Arts). (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments