Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Unwira Kupang Lepas 896 Wisudawan/ti, Begini Pesan Rektor

 

Dokumentasi kegiatan.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang resmi melepaskan 896 wisudawan/ti pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Strata Dua (S2) Angkatan XL dan Strata Satu (S1) Angkatan LXVIII, Sabtu (23/9/2023), di Aula St. Maria Immaculata, Kampus Penfui.

 

Momen tersebut turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar), Pater Yulius Yasinto, SVD., MA., M.Sc., Rektor Unwira, Pater Dr. Philippus Tule, SVD., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T., M.Eng., perwakilan Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Civitas Academica Unwira, serta para orang tua dan tamu undangan.

 

Dalam sambutannya, Rektor Unwira, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., menyampaikan, momentum wisuda tersebut tidak semata sebuah perayaan akademik biasa, tetapi sebaliknya, juga menjadi tanda syukur menyambut Dies Natalis ke-41 Unwira.


Baca juga: UNWIRA Rayakan Misa Syukur Wisuda dan Dies Natalis ke-41

 

“Dengan bangga, kami persembahkan para wisudawan/ti ini ke tengah masyarakat untuk memperkuat barisan alumni menjadi 20.000-an yang mengabdi di Indonesia dan mancanegara,” tuturnya.



Pater Philipus menyoroti perkembangan Unwira di usianya yang ke-41, dimana Unwira telah sukses bekerja sama dengan pelbagai lembaga, baik di dalam maupun luar negeri.

 

“Beberapa kegiatan provinsi dan nasional telah diselenggarakan di Kampus Unwira, seperti Pekan Olahraga ke-8 Provinsi NTT tahun 2023, Pesparani Tingkat Provinsi NTT pada bulan September 2022, dan Pesparani Tingkat Nasional pada Oktober 2022. Kompetisi akademik para mahasiswa tingkat nasional pun diikuti dan meraih juara, misalnya Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2023, dimana Unwira meraih gelar juara pertama di tingkat LLDikti Wilayah XV dan juara kedua di tingkat LLDikti Wilayah VII, yang meliputi Maluku, Papua, dan NTT,” jelasnya.


Baca juga: Tiga Program Studi di UNWIRA Raih Akreditasi “Baik Sekali”

 

Lebih lanjut, Pater Philipus mengungkapkan komitmen universitas untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan penambahan dosen yang bergelar Doktor dari dalam dan luar negeri.

 

“Saat ini, ada 25 orang calon Doktor yang sedang menyelesaikan studi di berbagai perguruan tinggi, dan 6 orang lainnya sudah dikirimkan untuk melanjutkan studi S3 pada tahun ajaran 2023/2024,” tambahnya.



Di akhir sambutannya, Pater Philipus memberikan selamat dan nasihat kepada seluruh wisudawan/ti. Baginya, momen wisuda bukan hanya pencapaian akademis semata, tetapi juga sebuah presentasi diri sebab telah menyelesaikan pendidikan dengan memenuhi berbagai tuntutan kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.


Baca juga: PKKMB UNWIRA Usung Tema "Menuju Kampus Sehat dan Bermartabat", Ini Pesan Ketua YAPENKAR pada Pembukaan Tahun Akademik

 

“Tugas Anda selanjutnya ialah terus menjadi generasi muda dan alumni Anwira yang tangguh, unggul, kompeten, dan kreatif dalam berbagai bidang ilmu. Kami yakin bahwa dengan spirit Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Anda sekalian dapat mewujudkan motto Unwira, yakni Ut Vitam Habeant Abundantius (supaya mereka memiliki kehidupan dan memilikinya dalam kelimpahan - Yoh. 10.10), demi mengatasi aneka masalah krusial di NTT, seperti kemiskinan, stunting, kelaparan, mutu pendidikan yang rendah, dan lain-lain,” tegasnya. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments