Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA Negeri 1 Raijua Gelar IHT Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Pendidik

 

Dokumentasi kegiatan.


Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, menggelar kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu (22-23/9/2023). Kegiatan yang menyasar para pendidik (guru) di sekolah setempat tersebut dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Sabu Raijua, Jermias Henuk, S.Pi.

 

Pada kesempatan tersebut, Jermias menuturkan, perkembangan dunia pendidikan saat ini menuntut adanya penyesuaian kurikulum baru demi menunjang kegiatan belajar dan mengajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kurikulum Merdeka, ujarnya, hadir untuk memberikan ruang yang fleksibel kepada satuan pendidikan guna merancang rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan.

 

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Raijua, Martinus Lay Wadu, S.Pd., mengatakan, guru sebagai pendidik harus mampu berbenah diri dan menjawab tantangan. Hal itu, sambungnya, menjadi alasan yang mendorong pihak sekolah untuk menggelar kegiatan IHT terkait IKM tersebut.



“Di tahun 2023 juga sudah dilaksanakan guna mempersiapkan tenaga pendidik yang siap berubah dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, para peserta (guru) bisa mengikuti setiap pemaparan materi dengan baik sehingga bermanfaat bagi penerapannya. Untuk diketahui juga, SMA Negeri 1 Raijua sudah mulai menerapkan IKM dengan Opsi Mandiri Belajar atau perkenalan,” ungkap Martinus.

 

Di sisi senada, Ketua Panitia Pelaksana IHT IKM SMA Negeri 1 Raijua, Jaqualine R. P. Ly, S.Pd., dalam laporan kepanitiaan, menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik yang berkualitas melalui pembinaan guru dalam merencanakan, menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

 

“Juga sekolah dan guru dapat memberikan pelajaran yang berkualitas bagi peserta didik dengan melaksanakan tugas-tugas utama secara efektif dan profesional sesuai dengan standar kurikulum pendidikan,” pungkasnya.



Untuk diketahui, Narasumber dalam kegiatan tersebut, diantaranya Korwas SMA/SMK Kabupaten Sabu Raijua, Jermias Henuk, S.Pi., dengan materi Kebijakan Kurikulum, Gabriel Kueain, S.Pd., dengan materi Platform Merdeka Mengajar-Merdeka Belajar, serta Guru Penggerak Kabupaten Sabu Raijua, John Bangngu, S.Pd., dengan materi Program Guru Penggerak. (Ande Koro/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments