Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bupati TTU Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan untuk Lahirkan SDM Unggul

 

Bupati TTU, David Juandi.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Timor Tengah Utara (TTU), David Juandi, tengah mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten TTU. Menurutnya, pendidikan merupakan salah satu sektor strategis yang bisa melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Hal itu disampaikannya kepada tim Media Pendidikan Cakrawala NTT beberapa waktu lalu saat ditemui di ruang kerjanya.

 

Ia mengatakan, SDM unggul merujuk pada kondisi suatu generasi yang cakap secara pengetahuan, terampil dalam penguasaan teknologi, matang secara karakter, dan mampu menjalankan kehidupan sosialnya secara seimbang.

 

“SDM unggul dapat berdampak positif pada perkembangan daerah menjadi lebih berdaya saing, memiliki visi yang maju, berkarakter, dan pastinya membuat daerah lebih sejahtera. SDM unggul itu menjadi agen pendukung pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.    

 

Dalam konteks TTU, SDM unggul mampu mendorong terwujudnya Kabupaten TTU yang sejahtera, adil, makmur, dan mandiri. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai SDM unggul adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan.

 

Dunia pendidikan, ungkapnya, harus terus berbenah dan meningkatkan mutunya sesuai perkembangan zaman, seperti adanya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adaptasi terhadap perkembangan dan kemajuan dapat mendorong terciptanya kreativitas dan inovasi.

 

“Perlu diperhatikan secara khusus sektor pendidikan. Sistem pendidikan harus baik dan berkualitas. Penyelenggaraan pendidikan pun harus merata dan tentunya berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkapnya.

 

Untuk mencapai pendidikan yang bermutu, tentunya dibutuhkan penggerak yang handal. Penggerak itu, tuturnya, terletak di pundak para guru. Guru merupakan aktor utama yang berperan penting terhadap kemajuan sektor pendidikan di suatu wilayah.

 

Ia pun berharap agar para guru bisa terus meningkatkan kapasitas diri dengan terus melahirkan kreativitas dan inovasi dalam proses pendidikan.

 

Hal itu, terangnya, bisa tercapai bila penyelenggaraan pendidikan berjalan efektif, para guru selalu menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman, memetakan kondisi peserta didik sesuai potensi masing-masing, serta mendorong terciptanya pembelajaran yang inovatif.

 

Selain itu, pungkasnya, dibutuhkan kerja sama dan dukungan semua pihak untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, sebab kolaborasi yang baik bisa mempercepat tercapainya tujuan yang diharapkan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments