Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bunda PAUD TTU Dukung Penguatan Literasi Membaca Melalui Kegiatan Reading Camp dan Transisi PAUD-SD

 

Bunda PAUD TTU (paling kanan) saat pembukaan kegiatan Reading Camp dan Transisi PAUD-SD.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Elvira Djuandi Ogom, sangat mendukung upaya penguatan literasi membaca melalui kegiatan Reading Camp dan Transisi PAUD-SD, Rabu (13/9/2023), di Kota Kefamenanu. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi persoalan literasi secara bertahap.

 

“Kegiatan ini sangat baik dan positif, terutama sasarannya adalah peserta didik dan guru-guru kelas awal Sekolah Dasar (SD). Salah satu persoalan bangsa dewasa ini adalah masih rendahnya budaya literasi di tengah masyarakat,” ujarnya kepada media ini.

 

Elvira mengatakan, generasi muda saat ini perlu dibekali dengan aspek literasi guna menciptakan sumber daya yang gemar membaca dan melek terhadap informasi. Namun, yang terpenting, sambungnya, tidak saja pada seberapa meningkatnya angka melek huruf, tetapi bagaimana menciptakan generasi yang rajin membaca dan mampu memahami setiap informasi yang diperoleh.


Bunda PAUD TTU, Elvira Djuandi Ogom.

“Generasi saat ini harus melek huruf dan gemar membaca. Untuk itu, melalui kegiatan Reading Camp yang menyenangkan ini, para guru dan peserta didik diharapkan mampu mengikuti kegiatan belajar dan mengajar dengan antusias,” ungkap Elvira.

 

Ia menerangkan, situasi pembelajaran yang menyenangkan akan mendorong anak-anak didik untuk lebih mudah mengingat huruf dan angka. Hal itu, tambah Elvira, dapat dapat mendukung perkembangan anak, terutama melalui sistem pengelompokkan pembelajaran berdasarkan kemampuan membaca.

 

“Para guru harus memperoleh pengetahuan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan bagi anak-anak PAUD ketika mereka memasuki bangku Sekolah Dasar (SD) atau transisi PAUD-SD, seperti menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,” tandasnya.



Elvira berharap, generasi muda saat ini dapat tumbuh dan berkembang dengan budaya literasi yang baik. Dengan begitu, pungkasnya, upaya menyambut generasi emas yang unggul di kemudian hari dapat terwujud. (MDj/red)   


Post a Comment

0 Comments