Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Ayodhia Kalake Resmi Jadi Pj. Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat Titip Pesan

 

Pj. Gubernur NTT, Ayodhia Kalake dan Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat.


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (RI), Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC., resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur NTT usai dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, bersama 8 Penjabat Gubernur lainnya di Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (5/9/2023).

 

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yosanna Laoly, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas.

 

Atas nama Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, Mendagri melantik Pj. Gubernur NTT, Ayodhia Kalake, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur  NTT.

 

Pada momen tersebut, turut dibacakan Keputusan Presiden RI Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan Tahun 2018-2023 yang dalam hal ini Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi.  

 

Kemudian, secara terpisah seusai pelantikan, dilakukan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Gubernur NTT yang berlangsung di Ruang Rapat 1 Lantai 2 Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kemendagri.



Viktor B. Laiskodat Titip Pesan

 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, menyampaikan ucapan selamat kepada Ayodhia Kalake yang telah resmi menjalankan tugas sebagai Pj. Gubernur NTT. Viktor pun menitipkan pesan untuk terus melanjutkan pembangunan di Provinsi NTT.

 

“Pak Penjabat Gubernur NTT, saya menyerahkan memori jabatan ini kepada Pak Penjabat. Selamat mengabdi dalam membangun NTT menjadi lebih baik lagi. Kami titipkan provinsi ini untuk keberlanjutan NTT Bangkit Menuju NTT Sejahtera. Tuhan memberkati kita semua,” ucap Viktor.

 

Sementara itu, Pj. Gubernur NTT, Ayodhia Kalake, memberikan apresiasi atas pengabdian dan dedikasi dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Ia pun mengharapkan dukungan dari semua pihak sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

 

“Melalui momentum bermartabat ini, saya mengajak kita semua untuk satukan kekuatan, kita manfaatkan potensi yang ada. Mari bersama kita bangun tekad untuk membuat NTT lebih baik lagi,” ungkap Ayodhia.



Turut hadir pada acara sertijab tersebut, Ketua DPRD Provinsi NTT, Emi Nomleni, Wakil Ketua DPRD NTT, Ince Sayuna, Ketua TP PKK Provinsi NTT periode 2018-2023, Julie Sutrisno Laiskodat, Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTT periode 2018-2023, Maria Fransiska Djogo, Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTT, Sofiana Milawati, Unsur Forkompimda Provinsi NTT, dan Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

 

Tentang Ayodhia Kalake

 

Ayodhia Kalake merupakan pria berdarah Adonara. Ia mengenyam pendidikan jenjang sarjana di Universitas Padjajaran (Unpad). Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di Madrid, Spanyol, dan menyelesaikan pendidikan magisternya di Universidad de Complutense.

 

Pada tahun 2020, Ayodhia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi. Kemudian, pada tahun 2021, ia menduduki jabatan Anggota Dewan Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk menggantikan Letjen (Purn) Sumardi.



Setelah itu, pada Januari 2023, ia ditunjuk sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI. Selama menjabat, ia membawahi 4 biro sekretariat, yakni Biro Perencanaan, Biro Hukum, Biro Komunikasi, dan Biro Umum. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments