Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMKN 1 Soe Teken MoU dengan PT AHM

 

(Dokumentasi kegiatan)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Nota Kesepahaman dengan PT Astra Honda Motor (AHM) di halaman Ruang Praktik Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Selasa (15/8/2023).

 

Kepala SMKN 1 Soe, Eduard Alle, menuturkan bahwa pihaknya membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 tahun untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PT AHM sejak tahun 2021 lalu. Pihak sekolah, ujarnya, intens melakukan komunikasi hingga terlaksananya proses penandatanganan MoU tersebut.

 

“Saya tentunya memberikan apresiasi atas terlaksananya penandatanganan ini. Ini adalah hadiah terindah pada HUT RI. Semoga dengan ini, SMKN 1 Soe, terutama Jurusan TBSM, bisa berkembang dengan pantauan dan kontrol oleh PT AHM,” ucap Eduard.

 

Ia pun menjelaskan beberapa tujuan yang hendak dicapai oleh SMKN 1 Soe melalui penandatanganan MoU tersebut. Pertama, meningkatkan keahlian lulusan kompetensi teknik dan bisnis sepeda motor. Kedua, meningkatkan daya serap lulusan SMKN 1 Soe di dunia industri sepedaa motor. Ketiga, melakukan kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri. Keempat, membantu sekolah dalam memperoleh bantuan Kemendikbudristek untuk kompetensi teknik dan bisnis sepeda motor.



Sementara itu, HRGA Div.head PT MPM, Hatmarto, mengungkapkan bahwa tidak mudah untuk menjadi sekolah binaan PT AHM, sebab terdapat begitu banyak aspek yang harus dipersiapkan sebagai persyaratan. Untuk wilayah NTT, sambungnya, baru terdapat 2 sekolah yang menjadi sekolah binaan PT AHM, yakni SMKN 2 Kupang dan SMKN 1 Soe.

 

“Kita berharap agar semakin banyak sekolah di NTT yang mau menjadi sekolah binaan kami karena ada begitu banyak keuntungan yang diperoleh. Untuk Kabupaten TTS, ini adalah sekolah pertama yang menjadi sekolah binaan PT AHM,” tandasnya.

 

Lebih lanjut, SHEP Officer PT MPM, Zeffi Muh. Ihrami, mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama, para peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan magang di Dealer AHM yang terdapat di wilayah NTT. Selain itu, tambahnya, mereka juga dapat mengikuti festival vokasi yang digelar oleh PT AHM serta berkesempatan memperoleh beasiswa studi di Politeknik Manufaktur Astra.

 

Senada dengan itu, Koordinator Pengawas (Korwas) SMK/SLB Kabupaten TTS, Jeremias Pelle, memberikan apresiasi kepada SMKN 1 Soe yang telah melakukan penandatanganan MoU dengan PT AHM. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk konkrit dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Profil Pelajar Pancasila, sehingga kerja sama tersebut harus terus berlanjut.



Pantauan media, turut hadir pada kesempatan tersebut, Tim AHM dan MPM Motor, mantan Bupati TTS, Paul Mella, Asisten III Setda TTS, Linda Fobia, Rektor IPS, Arit Bilik, Ketua MKKS SMA, Rovis Selan, serta Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan TTS, Yohanes Agustinus Manu.

 

Seusai penandatanganan MoU, dilakukan penyerahan donasi dari PT AHM kepada SMKN 1 Soe berupa satu unit motor Honda Beat, alat praktik, dan piping sistem bengkel TBSM Honda. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments