Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Sambut HUT Ke-78 RI, SMPN Satap Manumuti Gelar Aneka Lomba

 

(Dokumentasi kegiatan perlombaan di SMPN Satap Manumuti. Foto: perlombaan cerdas cermat)


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Dalam menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap (Satap) Manumuti, Kabupaten Malaka, menggelar aneka perlombaan bagi para peserta didik pada 12-17 Agustus 2023.

 

Kegiatan tersebut mengusung tema Menanamkan Nilai Nasionalisme dalam Diri Peserta Didik serta didukung oleh kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan pihak komite.

 

Kepada media ini, Kepala SMPN Satap Manumuti, Agustina Seuk Bria, menuturkan kegiatan perlombaan tersebut digelar untuk menyambut dan memeriahkan HUT ke-78 RI.



“Ini merupakan bagian dari upaya memeriahkan HUT RI. Semoga bisa membawa semangat patriotisme dan nasionalisme bagi para peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan di sekolah ini,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Agustina menambahkan kegiatan perlombaan itu juga merupakan salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Untuk itu, ia berharap agar para peserta dan panitia bisa berpartisipasi dengan baik dan bertanggung jawab.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Yohanes Paulus Hane, menerangkan kegiatan perlombaan menyambut HUT ke-78 RI tersebut terdiri atas lomba cerdas cermat, futsal, dan fashion show.



“Masing-masing kelas akan mengutus perwakilannya. Untuk lomba cerdas cermat, satu rombongan belajar mengutus satu regu. Untuk futsal juga wajib mengutus tim putra dan putri. Setiap hari para peserta akan mengikuti lomba futsal pada pagi hari, kemudian dilanjutkan lomba cerdas cermat sampai selesai. Sore lanjut lagi dengan futsal. Sedangkan, fashion show akan digelar pada hari penutupan seusai upacara bendera,” ungkap Yohanes.   

 

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut para peserta didik diharapkan dapat menghargai jasa para pahlawan sekaligus meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

 

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter para peserta didik dalam menghargai jasa para pahlawan dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air tercinta ini,” ujarnya.



Selain itu, tambah Yohanes, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan minat dan bakat peserta didik di bidang olahraga, berpikir kritis, dan berinovasi sesuai visi/misi sekolah.

 

Sedangkan, Rince Nahak, salah seorang peserta lomba cerdas cermat mengaku senang dan bangga karena bisa terlibat di dalam kegiatan tersebut.

 

“Tentunya saya merasa bangga karena kegiatan tersebut bisa meningkatkan potensi dan bakat saya secara maksimal,” pungkasnya. (Abel/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments