Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Fakultas Teknik Unwira Tutup KKNT 2022/2023

 

Dokumentasi kegiatan.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Fakultas Teknik (FT) Universitas Katolik Widya Mandira secara resmi ditutup pada Jumat, (25/08/2023) di Ballroom St. Paulus, Lantai IV, Kampus Penfui.

 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia KKNT 2022/2023, Yulianti Paula Bria, ST., MT., Ph.D., mengungkapkan bahwa komitmen UNWIRA untuk memberikan kontribusi nyata melalui karya inovatif dan pembangunan telah terwujud melalui KKNT.

 

“Ini merupakan bentuk pengaplikasian Tridarma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh FT UNWIRA di Desa Penfui Timur,” ujar Yulianti Bria.

 

Kegiatan KKNT kali ini tidak hanya merangkum pengajaran, tetapi juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam aspek pengajaran, FT UNWIRA telah menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan yang beragam, termasuk pembuatan aplikasi untuk database kesehatan, pelatihan database tata bangunan, pengukuran pemetaan lokasi, dan pelatihan konstruksi. Yulianti Paula Bria juga menekankan bahwa melalui kegiatan ini, Tridarma Perguruan Tinggi diimplementasikan secara konkret.

 

Dalam ranah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, KKNT menghasilkan temuan-temuan berharga yang nantinya akan mendukung publikasi ilmiah. Hal ini disampaikan oleh Yulianti Paula Bria, yang menjelaskan bagaimana data dan hasil lapangan dapat diintegrasikan ke dalam upaya penelitian yang lebih besar.

 

Ia menambahkan bahwa KKNT tahun ini semakin baik karena selain melaksanakan program-program yang telah dirancangkan. Selain itu, ada juga program yang muncul dari permintaan masyarakat yang salah satunya ialah adanya sosialisasi keselamatan lalu lintas oleh mahasiawa KKNT di desa penfui timur.



"Berdasarkan evaluasi, kami melihat ada peningkatan baik dari segi program maupun luaran dari KKNT tahun sebelumnya,” pungkas Dosen Program Studi Ilmu Komputer tersebut.

 

Sementara itu, Dekan FT UNWIRA, Dr. Don Gaspar Noesaku Da Costa, ST., MT., menyatakan keinginannya kepada pihak pemerintah yang turut hadir dalam penutupan itu, untuk melibatkan UNWIRA sebagai mitra pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan di tengah masyarakat.

 

“Fakultas Teknik tidak hanya menyelesaikan persoalan teknis semata, tapi juga dapat menyelesaikan persoalan sosial dan ekonomi dengan teknologi,” ungkap Don Gaspar Noesaku.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Penfui Timur turut menyampaikan apresiasinya  kepada UNWIRA atas kontribusi positifnya dalam pembangunan desa.

 

“Terima kasih atas partisipasi dari pimpinan universitas sampai ke mahasiswa yang telah memberikan kontribusi secara positif kepada Desa Penfui Timur,” ungkapnya.

 

Ia mengharapkan bahwa semangat KKNT ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih besar lagi.

 

Senada dengan itu, PLT Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang juga berterima kasih kepada FT UNWIRA atas pemikiran cerdas dan hasil-hasil yang telah dirasakan oleh masyarakat Desa Penfui Timur. 



“Kami berharap FT UNWIRA dapat membangun komunikasi dengan pemerintah desa,  sehingga FT bisa lebih banyak lagi memberikan kontribusi bagi pembangunan di NTT khususnya kabupaten Kupang,” ujarnya.

 

Sebagai penutup, Wakil Rektor III, Drs. Rodriques Servatius, M,.Si mengatakan bahwa KKNT ini ikut menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang ada di tengah masyarakat. “Proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula,” pungkasnya.


KKNT ini, lanjutnya telah membawa manfaat konkret bagi Desa Penfui Timur dan mengukuhkan kembali prinsip-prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta memberikan mahasiswa pengalaman berharga. (Ocha Saru/Rio Ambasan/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments