Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Dinas PK TTS Gelar Sertijab 87 Kepala Sekolah, Begini Harapan Kadis PK TTS

 

(Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS bersama para Kepala Bidang)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) bagi 87 Kepala UPTD TK, SD, dan SMP di Aula Inspektorat Kabupaten TTS, Senin (31/7/2023).


Ketika dikonfirmasi oleh media ini di ruang kerjanya, Kepala Dinas PK Kabupaten TTS, Musa S. Benu, SH., menuturkan para kepala sekolah yang baru menerima jabatan tersebut didorong untuk memperhatikan beberapa aspek managerial, yakni sumber daya, keuangan, dan aset.

 

“Mereka harus mampu mengatur sumber daya yang ada di sekolah, dalam hal ini guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik, terutama kedisiplinan maupun pengembangan SDM untuk mendukung proses pembelajaran. Kemudian pada aspek keuangan, mereka harus mampu mengelola dan menggunakan Dana BOS sesuai dengan petunjuk teknis yang ada dan jangan sampai diintervensi oleh pihak manapun. Lalu, perlu juga manajemen aset diperhatikan,” jelas Musa.  

 

Lebih lanjut, Musa mengharapkan para kepala sekolah agar bisa memperhatikan penguatan kompetensi dan literasi. Literasi dasar, ujarnya, wajib diajarkan dan dikembangkan guna menunjang proses pembelajaran yang baik.

 

“Penguatan literasi dasar, seperti literasi baca-tulis, literasi sains, literasi digital, dan sebagainya, merupakan tanggung jawab sekolah dan kami selaku pihak dinas. Anak-anak harus bisa membaca dan menulis, apalagi mereka adalah generasi penerus bangsa ini,” tegasnya.



Ia juga menekankan pentingnya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi guna beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini. Untuk itu, sambungnya, anak-anak didik perlu dikenalkan dengan teknologi sejak usia dini.

 

Sementara itu, Ana M. S. Timo, S.Pd., Mantan Kepala SMP Negeri 1 Atap Nualunat, yang turut hadir dalam acara tersebut, memberikan apresiasi kepada pihak dinas yang telah memperhatikan dan mendukung perkembangan sekolah yang pernah dipimpinnya.

 

“Terima kasih kepada Seksi Sarana Prasarana dan semua Sub Bagian Bina SMP Kabupaten TTS yang telah membantu SMP kami, sehingga bisa memperoleh bantuan chrome book guna memperlancar ANBK,” pungkasnya. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments