Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Wagub NTT Buka Kejurnas Karate Tahun 2023, Begini Harapannya

 

(Foto bersama usai seremonial pembukaan Kejurnas Karate Tahun 2023. Foto: Dokumentasi Biro AP Setda Prov. NTT)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. Drs. Josef A. Nae Soi, MM., berkesempatan menghadiri dan membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Antar Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD), dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Tahun 2023 di GOR Oepoi Kota Kupang, Rabu (12/6/2023).

 

Seremonial pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Bayu Rahadian, Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki), Abraham Paul Liyanto, Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTT, Hildegardis Bria Seran, jajaran Forkopimda, para Atlet Karate, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutan pembukanya, Wagub NTT, Josef A. Nae Soi, meminta para atlet untuk bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas dan toleransi. Para atlet, ujarnya, merupakan delegasi dari setiap daerah sehingga wajib menjaga toleransi, persatuan, dan kebhinekaan sebagai wujud cinta tanah air.

 

“Atlet-atlet adalah wajah olahraga bangsa ini. Bertandinglah dengan jujur, junjung sportivitas agar kebersamaan dan persaudaraan kita tetap dijaga dengan baik. wadah olahraga karate ini harus mampu mempersatukan kita dalam berbagai perbedaan,” kata Josef.



Olahraga karate, terang Josef, adalah seni bela diri, sehingga dibutuhkan perasaan, teknik, dan pola gerakan yang teratur. Josef pun mengajak para atlet untuk bertanding sesuai aturan dan tetap memegang prinsip to be a good loser, to be a good winner. Untuk itu, harap Josef, para atlet bisa mengukir prestasi dengan perjuangan yang murni, sebab para atlet wajib mengharumkan nama daerahnya masing-masing.

 

Ia juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah memercayakan Provinsi NTT sebagai Tuan Rumah Kejurnas Karate Tahun 2023.

 

“Terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan Kementerian kepada Provinsi NTT. Kita harapkan dari kejurnas ini juga bisa melahirkan atlet-atlet karate yang hebat dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” ungkap Josef.



Senada dengan itu, Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Bayu Rahadian, mengungkapkan Kejurnas Karate Tahun 2023 tersebut dilaksanakan untuk mendukung potensi atlet Cabang Olahraga (Cabor) Karate.

 

“Dengan kejuaraan ini juga untuk memotivasi dan memberikan semangat berkompetisi bagi para atlet sehingga ke depannya dapat menghadirkan prestasi bagi negara sesuai dengan hasil yang kita inginkan dalam desain besar olahraga nasional. Untuk itu, saya tegaskan untuk tetap fair play, respect terhadap lawan, dan taat terhadap aturan. Harus ada juga friendship atau membangun keakraban di antara kalian,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, Kejurnas Karater Antar PPLP, PPLPD, dan SKO Tahun 2023 ini diikui oleh 24 sentra, yakni 13 PPLP, 8 PPLPD, dan 3 SKO dari 18 provinsi se-Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 185 orang yang terdiri dari 119 atlet, 33 pelatih, dan 33 official. Selanjutnya, terdapat 4 kelas yang dipertandingkan diantaranya Kata Perorangan SMP Putra dan Putri, Kata Perorangan SMA Putra dan Putri, Kata Beregu Putra dan Putri, dan Kumite Perorangan SMP dan SMA.



Adapun jumlah medali yang diperebutkan dalam event Kejuaraan Nasional Karate Tahun 2023 ini sebanyak 116 medali yang terdiri dari 29 medali emas, 29 medali perak, dan 58 medali perunggu. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments