Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

PGRI Flotim: Membangun Masa Depan Chatting dengan ChatGPT

 

(Suasana Webminar bersama PGRI Kabupaten Flores Timur)


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur (Flotim) terus bergerak dan beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi. Era digitalisasi mendorong siapapun untuk terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan agar tidak ketinggalan. Salah satu produk dari perkembangan era saat ini adalah munculnya aplikasi chat yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI), yakni ChatGPT. Dengan menggunakan ChatGPT, pengguna dapat berbicara dengan robot seperti halnya interaksi pada dunia nyata.

 

Berangkat dari kondisi tersebut, Wakil Sekretaris PGRI Kabupaten Flotim, Fandi Setiyanto, pada kesempatan Webminar, Senin (10/7/2023), mengatakan bahwa manfaat dari ChatGPT adalah memudahkan pengguna untuk mencari informasi atau melakukan tugas tertentu tanpa harus membuka browser atau aplikasi lainnya.


“Bapak/Ibu Guru, dengan menggunakan ChatGPT, kita dapat dengan mudah mencari informasi atau melakukan tugas tertentu tanpa harus membuka browser atau aplikasi lainnya. Misalnya, ketika ingin membuat modul ajar, ketik saja tolong buatkan saya modul ajar tentang Persamaan Kuadrat, dan dalam hitungan detik, modul ajar sudah terjadi lengkap dengan prediksi waktu pemberian materi. Tidak hanya berkaitan dengan hal ilmiah, semua bidang kehidupan, informasinya dengan sangat mudah dijangkau ChatGPT. Misalnya, mencari rekomendasi obyek wisata, penginapan atau bahkan restoran,” ungkap Fandi.



Fandi menambahkan ChatGPT memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia serta memberikan jawaban yang relevan dan sesuai dengan konteks pembicaraan.

 

Di sisi lain, salah satu peserta Webminar, Elisabeth Yosephina Kleden, menyampaikan terima kasih kepada PGRI Kabupaten Flotim yang selalu membuka ruang belajar kepada anggota.

 

“Ini pengalaman saya yang pertama menggunakan ChatGPT. Materi yang praktis membuat kami, peserta, mudah untuk memahami dan tidak sulit untuk mengakses ChatGPT. Saya gunakan ChatGPT pertama untuk mengakses modul pembelajaran seni musik untuk siswa SD dan langsung tersaji begitu banyak konten materinya. Saya sangat senang mendapat pengetahuan baru. Webminar sudah gratis, akses ChatGPT juga gratis, tentu sangat menyenangkan. Terima kasih PGRI Kabupaten Flotim,” ujar Elisabeth.

 

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Flotim, Maksimus Masan Kian, mengaku bangga dengan progres yang baik dari para peserta setelah mengikuti materi yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Flotim.



“Kepuasan kami sebagai pengurus yakni di saat anggota merasa senang karena terpenuhi kebutuhannya dan adanya peningkatan pengetahuan serta keterampilan kepada anggota. Mohon terus memberikan dukungan secara positif kepada kami dalam karya pelayanan kepada guru ke depannya,” pungkas Maksimus.

 

Untuk diketahui, Webminar tersebut diikuti oleh kurang lebih 78 orang peserta. Webminar berlangsung dengan menarik dan produktif. Para peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan penggunaan ChatGPT secara langsung. Proses tersebut tidak berlangsung sulit karena peserta cukup diarahkan untuk mengunjungi situs Web OpenAI yang tersedia akses ke ChatGPT. (PGRI Flotim/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments