Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Peserta Didik SMP Katolik HTM Halilulik Ikuti Workshop Literasi

 

(Suasana pembukaan Workshop Literasi yang diikuti oleh para Peserta didik SMP Katolik HTM Halilulik)


Belu, CAKRAWALANTT.COM - Peserta didik kelas VII dan VIII SMP Katolik Hati Tersuci Maria (HTM) Halilulik, Kabupaten Belu, mengikuti kegiatan Workshop Literasi bersama Cakrawala NTT selama 2 hari, yakni Senin-Selasa (12-13/6/2023). Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Ruang Kreatif Siswa” tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMP Katolik HTM Halilulik, Sr. Elga Lucia Rafu, SSpS.,S.Pd., Senin (12/6/2023).

 

Dalam sambutan pembukanya, Sr. Elga Lucia Rafu, SSpS.,S.Pd. menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop tersebut. Menurutnya, Workshop Literasi sangat penting saat ini, sebab literasi telah menjelma sebagai kebutuhan, termasuk di dalam dunia pendidikan.

 

“Kegiatan ini sangat penting karena keadaan atau kondisi kita untuk membaca itu minim. Dengan literasi, kita bisa dan terbiasa menulis dengan hati sebab berbeda dengan sekedar menulis. Literasi sangat penting karena telah menjadi kebutuhan, termasuk dalam dunia pendidikan,” ungkapnya.


(Kepala SMP Katolik HTM Halilulik, Sr. Elga Lucia Rafu, SSpS.,S.Pd., saat memberikan sambutan)

Sr. Elga menuturkan para peserta didik harus bisa terdorong untuk membaca secara intensif, sebab tujuan utama atau dasar dari literasi adalah bagaimana bisa menuangkan pikiran dan perasaan dengan baik, salah satunya melalui menulis. Tentunya, sambung Sr. Elga, dibutuhkan perbendaharaan kata (kosakata) yang cukup.


Baca juga: SMP Katolik HTM Halilulik Gelar Workshop Literasi  


“Anak-anak harus bisa terdorong agar dapat membaca secara intensif dan tentunya itu berguna untuk menambah perbendaharaan kata yang diperoleh dari aktivitas membaca tersebut,” tandasnya.  

 

Lebih lanjut, terang Sr. Elga, kegiatan literasi juga bermanfaat bagi peningkatan capaian rapor pendidikan sekolah dalam aspek literasi. Untuk itu, ia berharap agar para peserta didik bisa memanfaatkan kesempatan pendampingan literasi tersebut dengan baik sehingga bisa memperoleh modal dalam mengembangkan potensi diri ke depannya.



Sementara itu, secara terpisah, Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, menyampaikan apresiasi kepada SMP Katolik HTM Halilulik yang secara konsisten terus meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya literasi yang baik. Baginya, keterlibatan aktif peserta didik dalam workshop tersebut sangat bermanfaat ke depannya, terutama dalam aspek pengembangan potensi diri.


Baca juga: Bunda Literasi NTT Dukung Terobosan Cakrawala NTT di Bidang Literasi 


“Kami menyampaikan limpah terima kasih kepada Keluarga Besar SMP Katolik HTM Halilulik, sebab telah memercayakan Cakrawala NTT untuk mendampingi dan membantu pengembangan atau pemetaan potensi peserta didik melalui budaya literasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi pengembangan potensi diri peserta didik itu sendiri ke depannya,” ungkap Gusty.



Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 200-an peserta didik yang terbagi ke dalam 2 kelas. Para peserta didik dibimbing dan didampingi oleh para Formator Literasi Cakrawala NTT untuk mampu menghasilkan produk tulisan kreatif dan mengekspresikannya dalam bentuk pentas seni mini. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments