Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Gudep 113-114 SMP Negeri 13 Kota Kupang Gelar Perjusami

 

(Suasana pemaparan materi "Public Speaking" pada rangkaian kegiatan Perjusami di Gudep 113-114 SMP Negeri 13 Kota Kupang)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Gugus Depan (Gudep) SMP Negeri 13 Kota Kupang menggelar kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami) pada 15-18 Juni 2023 di Bumi Perkemahan SMP Negeri 13 Kota Kupang. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Gudep 113-114 SMP Negeri 13 Kota Kupang, Yusak S. Olla, S.Pd., pada Jumat (16/6/2023) tersebut diawali dengan proses registrasi dan pendirian tenda.

 

Dalam arahan pembukanya, Yusak menegaskan kegiatan Perjusami tersebut bertujuan untuk menumbuhkan aspek kemandirian dalam diri para peserta didik SMP Negeri 13 Kota Kupang. Di dalamnya, ujar Yusak, para peserta didik akan mengalami sendiri proses pengembangan sikap tanggung jawab dan mandiri.

 

“Nanti akan ada proses pengembangan diri dengan pemberian materi dan arahan yang bisa menambahkan pengalaman di lapangan. Saya mengharapkan peran anggota yang memiliki pengalaman agar bisa memotivasi teman-teman agar bisa bergabung di Gudep 113-114 SMP Negeri 13 Kota Kupang,” tandasnya.



Pada kesempatan tersebut, Ketua Gudep 113-114 SMP Negeri 13 Kota Kupang, Maria Fatima Kou, S.Pd., mengatakan seluruh persiapan dilakukan atas kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk beberapa senior yang dihadirkan untuk memberikan motivasi. Para senior tersebut, ujarnya, telah menjadi Pandega di beberapa Perguruan Tinggi di Kota Kupang.

 

“Kehadiran para senior pada momentum ini sebenarnya adalah ouput SMP Negeri 13 Kota Kupang. Kami tentunya sangat bergembira dengan kepedulian para Pandega yang hadir untuk menjawab undangan,” ungkap Fatima.

 

Pada hari pertama, para peserta diberikan asupan materi “Public Speaking” oleh Kakak Pembina, Yohanes Joni Liwu, S.Pd., dan Duta Bahasa Provinsi NTT Tahun 2022, Joy Satriani Mone. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi kedua bersama Ketua Bidang Hukum dan Keuangan Kwarcab Kota Kupang, Dra. Irene Fehan, yang membawakan materi terkait “Pembinaan Karakter dan Profil Gudep 113-114.  



Public speaking menjadi urgen bagi anak-anak sekarang. Ini merupakan sesuatu yang mungkin belum terpikirkan tentang dampaknya di masa sekarang, tetapi sangat berguna bagi mereka di masa-masa mendatang. Saya sendiri mengalami betapa pentingnya public speaking. Karena itu, dengan materi ini, saya berharap dapat memotivasi kita semua agar bisa lebih memiliki sikap percaya diri agar dapat berkomunikasi secara lisan di hadapan banyak orang,” jelas Joy pada pemaparan materinya.

 

Sementara itu, Dra. Irene Fehan menuturkan, “Saya berpeluh membentuk wadah ini. Karena itu, saya berharap kepada Kakak Pembina dan Senior agar lebih mengaktifkan peran serta seluruh peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan Kepramukaan.”



Untuk diketahui, kegiatan Perjusami hari kedua dilanjutkan dengan hiking yang dipimpin oleh para Senior Gudep 113-114, Bakti Sosial (Baksos), pemberian materi terkait “Kepramukaan”, dan Malam Api Unggun. Para peserta tampak sangat berantusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Sedangkan, pada hari ketiga dilaksanakan kegiatan pelantikan dan penutupan Perjusami. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments