Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Bupati Malaka Buka Workshop Penguatan Literasi dan Numerasi Bagi Guru Jenjang SMP Se-Malaka Tahun 2023

 

(Bupati Malaka menyampaikan beberapa hal dalam arahannya. Tampak Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka turut mendampingi saat seremonial pembukaan kegiatan workshop)


Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H., membuka secara resmi kegiatan Workshop Penguatan Literasi dan Numerasi Bagi Guru Jenjang SMP Se-Kabupaten Malaka Tahun 2023, Rabu (14/6/2023), di SMP Negeri Bakiruk. Pada kesempatan tersebut, Simon didampingi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Yohanes Bria Nahak, S.Sos.

 

Dalam arahannya, Simon menekankan pentingnya penguasaan aspek literasi dan numerasi guna menunjang kompetensi dan profesionalisme guru.

 

“Para guru harus mampu menguasai aspek literasi dan numerasi. Literasi itu sangat penting, terutama di kalangan guru. Guru harus bisa menulis sehingga bisa memberikan contoh bagi para peserta didik. Melalui kegiatan menulis, guru bisa semakin giat membaca dan tentunya berpengaruh juga bagi kegiatan belajar dan mengajar,” ungkap Simon.



Simon menuturkan terdapat 4 hal utama yang harus dipenuhi untuk memaksimalkan potensi diri, yakni pengetahuan (knowledge), pengalaman (experience), keterampilan (skills), dan moral. Keempat hal tersebut, tegasnya, harus dimiliki oleh seorang guru sebagai pengajar dan pendidik. Hal itu, sambung Simon, bisa terwujud dengan pengembangan dan penguatan budaya literasi.

 

Simon juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. Baginya, kegiatan literasi sangat bermanfaat bagi para guru ke depannya. Untuk itu, ia berharap agar para guru bisa mengikuti kegiatan tersebut secara baik.

 

“Saya memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini, terutama kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Tim Narasumber dari Cakrawala NTT, para Kepala Sekolah dan para Guru yang terlibat di dalamnya,” tandas Simon.



Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Djefridus Klau, S.Pd., mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan workshop tersebut merupakan implementasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) di lingkungan sekolah, sekaligus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, khususnya dalam keterampilan menulis.

 

“Hasil yang diharapkan adalah peserta mendapatkan informasi tentang kebijakan pemerintah terkait literasi dan implementasinya di lingkungan sekolah. Peserta juga dapat meningkatkan kecintaannya terhadap minat membaca dan keterampilan menulis. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan intensitas publikasi guru, baik dalam bentuk artikel ilmiah populer, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Sekolah (PTS), jurnal ilmiah, modul pembelajaran, buku, dan sebagainya,” jelas Djefridus.



Untuk diketahui, seremonial pembukaan workshop tersebut dihadiri oleh 51 orang guru dan 69 Kepala SMP. Sesuai perencanaannya, kegiatan workshop literasi tersebut akan diikuti oleh 250 orang guru dari 69 SMP di Kabupaten Malaka serta akan didampingi oleh Tim Formator Literasi Cakrawala NTT. (MDj/red)

 

 

 

 

 

 


Post a Comment

0 Comments