Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMP Negeri 1 Alok Timur Gelar Workshop Literasi

 

(Suasana pembukaan Workshop Literasi di SMP Negeri 1 Alok Timur)


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Alok Timur, Kabupaten Sikka, menggelar kegiatan Workshop Literasi berupa pendampingan menulis bagi para guru selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (25-27/5/2023). Kegiatan yang didukung oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka dan Cakrawala NTT tersebut dibuka secara langsung oleh Perwakilan Dinas PKO Kabupaten Sikka, Husein H. Suaib, Senin (25/5/2023).

 

Dalam sambutannya, Suaib menyampaikan arahan dari Kepala Dinas (Kadis) PKO Kabupaten Sikka terkait peningkatan aspek literasi dan numerasi. Menurutnya, literasi adalah hal penting yang harus ditingkatkan dan dikuatkan demi membangun dunia pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, Suaib berharap agar para guru yang terlibat dalam kegiatan workshop tersebut bisa mengikuti rangkaian proses pendampingan dengan baik.


Baca juga: Bunda Literasi NTT Dukung Terobosan Cakrawala NTT di Bidang Literasi 


“Sesuai data bahwa tingkat literasi kita masih harus ditingkatkan lagi. Kita sebenarnya bisa (menulis) tetapi tidak terbiasa untuk menulis. Kadang juga kita ingin menulis, tetapi tidak paham bagaimana ingin memulai sebuah alur penulisan. Untuk itu, pada kesempatan ini, Bapak/Ibu Guru bisa memanfaatkannya untuk belajar dan mengembangkan kemampuan menulis sebagai bagian dari literasi dasar,” ungkapnya.


(Plt. Kepala SMP Negeri 1 Alok Timur, Maria Rosa Mistika, S.Pd., saat menyampaikan sambutan)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMP Negeri 1 Alok Timur, Maria Rosa Mistika, S.Pd., dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Workshop Literasi tersebut. Baginya, pendampingan menulis bagi para guru tersebut bisa menjadi upaya peningkatan literasi sekaligus mengembangkan kompetensi atau profesionalisme guru.

 

“Meskipun sempat mengalami beberapa kendala, kami tetap melaksanakan kegiatan ini, sebab ini menjadi upaya kami dalam meningkatkan literasi dan melatih guru untuk terbiasa menulis. Semoga pendampingan ini bisa bermanfaat bagi para guru,” tambah Maria.


Baca juga: SMPK Rokatenda dan SMPN 1 Palue Gelar Workshop Literasi  


Sedangkan, dalam pemaparan materinya, Formator Literasi Cakrawala NTT, Mario Djegho, menjelaskan dasar atau alasan mengapa harus menulis dan bagaimana alur penulisan yang baik dan benar.



Menurutnya, semua orang bisa menulis, tetapi tidak terbiasa untuk menulis. Untuk itu, melalui pendampingan tersebut, ujarnya, para guru diharapkan mampu menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan layak untuk dipublikasi sebagai konsumsi publik.

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 15 orang guru dengan materi berupa Penulisan Artikel/Esai Ilmiah Populer. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments