Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Perpustakaan NTT Gelar Sosialisasi Gemar Membaca di SMA Negeri 1 Soe

 

(Foto bersama usai Sosialisasi Gemar Membaca bersama Perpustakaan NTT di SMA Negeri 1 Soe)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan dan Hari Buku, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT menggelar kegiatan Sosialisasi Gemar Membaca Bagi Peserta Didik SMA Negeri 1 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Rabu (17/5/2023), di aula sekolah tersebut.


Baca juga: Bunda Literasi Provinsi NTT Dukung Terobosan Cakrawala NTT di Bidang Literasi  


Ketika dikonfirmasi media ini, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT, Kanisius Mau, M.Si., menuturkan terdapat beberapa program kerja yang tengah dilakukan oleh pihaknya, termasuk beberapa kegiatan untuk memperingati HUT Perpustakaan dan Hari Buku, guna meningkatkan minat membaca dan budaya literasi di kalangan peserta didik. Untuk itu, sambungnya, diperlukan kerja sama dan kolaborasi sehingga bisa bergerak bersama.



“Ini semua untuk meningkatkan minat baca dan literasi. Membaca itu suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis dan membaca juga sebagai keterampilan yang harus dilatih agar menjadi terbiasa dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan melakukan pekerjaan (reading for work),” ungkap Kanisius.

 

Sementara itu, Eduard Tabun, selaku Kepala Bidang (Kabid) Deposit Pustaka Kabupaten TTS, mengatakan terdapat banyak program dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan budaya membaca dan literasi. Selain itu, tegasnya, program-program tersebut juga berperan untuk menghilangkan pandangan masyarakat yang menganggap pekerja atau pegawai di lingkaran perpustakaan sebagai orang-orang yang tidak berkompeten.



Sedangkan Kepala SMA Negeri 1 Soe, Rovis Selan, S.Pd., M.Pd., mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa memberikan pengaruh yang positif bagi pengembangan dan peningkatan budaya membaca dan literasi, serta menguatkan semangat peserta didik untuk mencari referensi atau sumber bacaan di perpustakaan.


Baca juga: Tim Juri Lomba Perpustakaan Provinsi NTT Gelar Visitasi ke SMA Negeri 1 Soe  


Pantauan media, sosialisasi tersebut dihadiri oleh 40 peserta didik, pengelola perpustakaan, guru pembimbing, dan Pegawai Perpustakaan Kabupaten TTS, serta dibuka secara resmi oleh Kepala SMA Negeri 1 Soe. Pada kesempatan yang sama, pihak Perpustakaan Provinsi NTT juga menggelar kunjungan ke SMK Kristen Soe dan turut menghadirkan mobil perpustakaan keliling. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments