Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KTT Ke-42 ASEAN Resmi Dibuka di Labuan Bajo

 

(Presiden Indonesia, Joko Widodo, saat Konferensi Tingkat Tinggi Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, Rabu (10/5/2023), di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Upacara pembukaan KTT Ke-42 ASEAN tersebut dihadiri oleh para Pemimpin Negara dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Timor Leste. Sementara Thailand diwakili oleh Deputi Perdana Menteri dan Myanmar mendelegasikan Non Political Level akibat konflik yang masih melanda negara tersebut.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan persatuan ASEAN harus terus diperkuat untuk dapat mengambil peran dalam perdamaian serta pertumbuhan ekonomi.

 

“Saat ini, ekonomi global belum sepenuhnya pulih. ASEAN harus jadi motor perdamaian dan pertumbuhan ekonomi. Kuncinya yaitu persatuan, sehingga kita menjadi pemain sentral dalam perdamaian dan pertumbuhan ekonomi global,” ungkap Jokowi.


 Baca juga: Indonesia Dukung Pemberantasan Perdagangan Manusia Dibahas Pada KTT Ke-42 ASEAN 


“Kita punya aset kuat sebagai epicentrum of growth. Ekonomi kita tumbuh jauh di atas rata-rata, bonus demografi, dan kestabilan kawasan. ASEAN harus perkuat integrasi ekonomi dan mempererat kerja sama inklusi dengan implementasi aset dan memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi, dan stabilitas keuangan,” sambung Jokowi.

 

Jokowi mengajak semua pihak untuk menjalin relasi dan kerja keras guna menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth agar ASEAN dapat dipandang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dengan merepresentasikan kemajuan atau progres di segala bidang.



Perdana Menteri Timor Leste Apresiasi Undangan Indonesia

 

Sementara itu, Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, dalam kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi sebagai Ketua KTT ASEAN 2023 yang telah mengundang kehadiran Timor Leste dalam KTT Ke-42 ASEAN tersebut.

 

“Terima kasih Presiden RI, Joko Widodo, sebagai Ketua KTT ASEAN 2023 yang telah mengundang dan ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk hadir pertama kali dalam KTT ASEAN dan tentunya ini merupakan bab baru dari sejarah negara kami,” ujar Perdana Menteri Taur.

 

Menurutnya, KTT ASEAN 2023 merupakan bagian dari tujuan aspirasi negaranya untuk diterima dalam keluarga besar ASEAN. Timor Leste, ungkapnya, siap memenuhi semua kewajiban untuk menjadi Anggota resmi ASEAN.


Baca juga: Presiden Jokowi Tidak Ingin ASEAN Jadi Proksi Siapa Pun  


“Kami terus membangun infrastruktur diantaranya pengembangan Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobata, fasilitas perdagangan, dan juga kerja sama maritim lainnya. Juga menjalin komunikasi internasional yang baik sesuai acuan aturan dan norma internasional dalam mendukung komitmen kami menjadi Anggota dan mendukung tujuan ASEAN,” jelasnya.

 

Untuk diketahui, keterlibatan Timor Leste sebagai bagian dari KTT Ke-42 ASEAN tersebut menjadi hal positif bagi Provinsi NTT apabila nantinya resmi bergabung dalam ASEAN, sebab Timor Leste berbatasan langsung dengan Provinsi NTT. Hal itu tentunya dapat melancarkkan komunikasi dan hubungan bilateral kedua negaranya, terutama dalam pembangunan free trade zone, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara yang masih terikat secara sosio-kultural.  



Gubernur NTT: Ini Merupakan Sejarah Baru Bagi NTT

 

Sementara itu, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), yang ditemui di Labuan Bajo, sekali lagi mengungkapkan apresiasi dan rasa bangganya terhadap Presiden Joko Widodo yang telah memilih Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN.

 

Menurutnya, momen KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo tersebut merupakan sejarah baru bagi Provinsi NTT sekaligus menjadi kehormatan yang sangat luar biasa.


Baca juga: Wagub NTT: Masyarakat NTT Harus Jadi Pendukung Utama Penyelenggaraan KTT ASEAN    


“Hari ini sejarah secara resmi terukir di Bumi Flobamorata, khususnya di Kota Labuan Bajo. Untuk pertama kalinya sejak berdirinya negara Indonesia ini, NTT mendapat kehormatan yang sangat luar biasa dengan menjadi tempat penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN. Terima kasih berlimpah untuk Bapak Presiden Joko Widodo. Kami yakin setelah ini Provinsi NTT dan Labuan Bajo akan semakin mendunia,” ungkap VBL.

 

“Selamat melaksanakan KTT, Masyarakat NTT mendukung penuh kegiatan ini. Kami percaya dari Labuan Bajo, para Pemimpin Negara ASEAN akan melahirkan berbagai kebijakan strategis untuk kepentingan kawasan ini. Masyarakat NTT bangga dan mendukung penuh kegiatan ini,” pungkas VBL. (Biro AP Setda Prov. NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments