Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

INSPEKTORAT NTT GELAR SOSIALISASI PEMANFAATAN DANA BOS BAGI 3 SMA DI TTS

 

(Suasana sosialisasi bersama Inspektorat NTT di Aula SMA Negeri 1 Soe)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar sosialisasi terkait Aturan Pengawasan Manajemen Sekolah (Pemanfaatan Dana BOS SMA Tahun 2023) bagi 3 SMA di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), yakni SMA Negeri 1 Soe, SMA Kristen 2 Soe, dan SMA Efata Soe, Rabu (3/5/2023), di Aula SMA Negeri 1 Soe.

 

Saat dikonfirmasi media ini, Auditor Madya Inspektorat NTT, Pius Basilius, menerangkan Inspektorat mengemban fungsi pembinaan dan pengawasan yang sebatas pada urusan administrasi. Sosialisasi tersebut, ungkapnya, bertujuan agar penggunaan keuangan berdasarkan aturan yang diterapkan, yakni Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan Dana BOS maupun Dana Komite, sehingga dapat terarah.


Baca juga: ITB Gelar Sosialisasi Terkait Jalur Afirmasi di SMA Negeri 1 Soe  


“Inspektorat berfungsi untuk memberikan pembinaan dan melakukan pengawasan. Artinya, kami hanya sebatas administrasi. Biasanya kalau ada pelanggaran itu diberi sanksi kepegawaian dan jika ada kerugian keuangan maka dilakukan penyetoran sehingga sosialisasi ini bertujuan agar penggunaan keuangan berdasarkan aturan yang telah ditetapkan dan tidak keluar dari Petunjuk Teknis (Juknis, - red). Aturannya selalu berubah tiap tahun sehingga perlu dipelajari secara baik,” jelas Pius.

 

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan inisiatif dari pihak sekolah dan pihak Inspektorat sangat mengapresiasi langkah baik tersebut guna meminimalisir kesalahan yang (mungkin) terjadi.


Baca juga: SMK Negeri 2 Soe Gelar Kegiatan Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik 



“Kami juga merupakan Keluarga Besar Pemerintah Provinsi NTT yang dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT yang menangani SMA dan SMK maka perlu mengingatkan sesuai dengan fungsi pembinaan dan pengawasan,” tambahnya.


Baca juga: SMK Negeri 2 Soe Teken MoU Dengan Indomaret Terkait Perekrutan SDM 


Sementara itu, ketiga Kepala Sekolah yang mengikuti sosialisasi tersebut menyampaikan terima kasih atas kesediaan pihak Inspektorat untuk memberikan pemaparan penggunaan Dana BOS sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan bisa sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) atau aturan yang berlaku.

 

Pantauan media, para peserta kegiatan sosialisasi tampak berantusias. Banyak sekali pertanyaan yang disampaikan terkait penggunaan Dana BOS guna mewujudkan transparansi dalam pengelolaannya. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments