Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Jelang KTT ASEAN Ke-42, Presiden RI Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo

 

(Presiden Joko Widodo mengunjungi sejumlah stan UMKM dan membeli sejumlah suvernir yang merupakan hasil karya masyarakat NTT, pada Minggu, 23 April 2023. Foto: BPMI Setpres)

Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Kurang dari tiga minggu pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, kembali meninjau kesiapan daerah tersebut menerima kehadiran para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dari negara-negara anggota ASEAN.

 

Saat tiba di Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Sabtu (22/4/2023), Jokowi melihat sarana dan prasarana yang ada di bandara tersebut. Setelahnya, dalam perjalanan dari bandara menuju hotel tempatnya menginap, ia turut melihat beberapa lokasi yang perlu dipercantik untuk menyambut para tamu dari negara-negara ASEAN yang akan hadir di Labuan Bajo nanti.

 

Pada hari keduanya berada di Labuan Bajo, Minggu (23/4/ 2023), Presiden beserta Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi beberapa tempat wisata yang belum pernah dikunjungi.

 

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyampaikan Presiden ingin semua tempat wisata yang ada di Labuan Bajo dapat dipromosikan kepada para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang hadir nanti.

 

“Sehingga Presiden merasa perlu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada, agar dapat mempromosikan keindahan Labuan Bajo secara langsung dan detail,” kata Bey.

 

Presiden bersama keluarga mengunjungi Gua Batu Cermin. Tiba sekitar pukul 11.00 WITA, Presiden tampak ditemani cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, serta putra-putranya, yakni Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep beserta istri, Erina Gudono.

 

Setibanya di tempat wisata tersebut, Presiden Jokowi bersama keluarga berkeliling dengan berjalan kaki melihat area terbuka di sekitar Gua Batu Cermin. Selanjutnya, Presiden Jokowi menaiki sejumlah anak tangga untuk dapat tiba di gua tersebut.

 

Tampak Presiden dan kedua cucunya berhenti untuk duduk di anak tangga sambil menikmati pemandangan dan berbincang sejenak. “Sudah ya, sudah lihat gua semuanya,” ujar Presiden kepada kedua cucunya.

 

Setelah melihat Gua Batu Cermin, Presiden dan keluarga berjalan kaki mengunjungi Batu Payung atas permintaan cucunya, Jan Ethes. “Ayo, Ethes minta ke Batu Payung,” tutur Presiden.

 

Di sela-sela peninjauan, tampak Presiden melakukan foto bersama masyarakat yang sedang berwisata ke Gua Batu Cermin.

 

Setelah berkeliling di tempat wisata tersebut, Jokowi juga mengunjungi sejumlah stan UMKM dan membeli sejumlah suvernir yang merupakan hasil karya masyarakat NTT, seperti kain, topi bucket, dan topi pantai.

 

“Pada pelaksanaan KTT ASEAN nanti, Presiden berharap para UMKM tersebut dapat menghadirkan suvenir dengan kualitas yang baik dan berciri khas daerah tersebut, sehingga para tamu dari negara-negara ASEAN nantinya akan tertarik untuk membeli produk UMKM tersebut,” ucap Bey. (BPMI Setpres/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments