Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

UKM RELAWAN MULTIKULTUR UMK GELAR KEGIATAN TANGGAP BENCANA DAN LITERASI DI PULAU KERA

 

(UKM Relawan Multikultur UMK melakukan foto bersama masyarakat dan anak-anak Pulau Kera)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Relawan Multikultur Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) menggelar kegiatan Pulau Tanggap Bencana dan Peningkatan Literasi Anak-anak di Pulau Kera, Kabupaten Kupang, Jumat (16/3/2023). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh masyarakat setempat, tokoh adat, guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kupang Filial Desa Sulamu, mahasiswa dan dosen UMK.

 

Ketua Panitia Kegiatan, Mahfud Satriawan, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama 6 bulan (Februari-Juli 2023). Kegiatan yang akan dilakukan, ujar Mahfud, diantaranya peningkatan literasi dasar (membaca, menulis, dan numerik), literasi digital, literasi kesehatan, dan literasi lingkungan.

 

“Selain itu, kita juga akan mengadakan berbagai pelatihan guna menjadikan Pulau Kera sebagai Pulau Tanggap Bencana,” sambungnya.



Senada dengan itu, Ketua Umum UKM Relawan Multikultur UMK, Mira Delitasari, menuturkan Pulau Kera merupakan lokasi kedua penyelenggaraan kegiatan setelah Desa Tesbatan. Untuk itu, Mira berharap agar penyelenggaraan kegiatan tersebut bisa berjalan lancar dengan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

 

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan, Suci Lestari Handayani, S.I.Kom.,M.Psi., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Pulau Kera yang telah mendukung dan menerima para mahasiswa UMK untuk melakukan kegiatan. Menurutnya, peningkatan literasi sangat penting dewasa ini, sehingga melalui kegiatan tersebut, sambung Suci, masyarakat bisa berkembang dan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki.



“Dewasa ini literasi sangatlah penting. Kita harus dapat meningkatkan aspek literasi agar bisa berkembang dan sukses. Sukses tidak harus melalui bangku pendidikan formal. Banyak orang sukses yang lahir dari usaha dan perjuangan, seperti Pahlawan Nasional, Adam Malik, Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pujiastuti, Penguasa Bob Sadino, dan sebagainya,” ujar Suci.

 

Sedangkan, Ketua RW Pulau Kera, Hamdan Saba, menyambut baik inisiatif dan usaha dari para mahasiswa yang menggelar kegiatan positif di Pulau Kera. Ia pun meminta agar para mahasiswa bisa memberikan perubahan yang baik bagi masyarakat, terutama anak-anak, melalui informasi-informasi yang edukatif.



“Kalau bisa juga diadakan sosialisasi mengenai pendidikan seks bagi anak-anak agar bisa mencegah terjadinya perwakinan usia dini,” pungkasnya.

 

Pantauan media, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Kegiatan pun ditutup dengan permainan bersama anak-anak guna membangun ikatan agar pelaksanaan proyek yang melibatkan anak-anak bisa mudah disosialisasikan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments