Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA KATOLIK GIOVANNI KUPANG GELAR KEGIATAN LITERASI BAGI GURU DAN SISWA

 

(Para guru, siswa, dan Narasumber melakukan foto bersama usai seremonial pembukaan Bimtek Literasi)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovanni Kupang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Bagi Guru dan Siswa selama 2 hari, yakni Senin-Selasa (27-28/3/2023). Kegiatan yang mengusung tema “Menulis Mimpi, Mengukir Prestasi” tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang, RD. Drs. Stefanus Mau, Pr., Senin (27/3/2023), di aula sekolah tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan literasi di kalangan guru dan siswa.

 

Dalam sambutannya, RD. Stefanus memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut, ujarnya, sangat bermanfaat bagi para guru dan siswa, serta berdampak positif bagi sekolah. Hal itu, sambungnya, relevan dengan kondisi saat ini yang telah menjadikan literasi sebagai kebutuhan utama dalam mengembangkan berbagai aspek kehidupan.

 

“Literasi adalah bagian yang utuh sebab setiap proses interaksi membutuhkannya. Tanpa literasi, semua hal yang akan dilakukan terasa buntu dan tentunya literasi sangat diperlukan dalam mengembangkan setiap aspek kehidupan. Untuk itu, kegiatan selama dua hari ini sangat penting bagi kita semua,” ungkap RD. Stefanus.



Lebih lanjut, terang RD. Stefanus, salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk membentuk penalaran para siswa. Untuk itu, tegasnya, keterlibatan para pendamping literasi sekolah dan guru sangat penting demi keberlanjutan hasil bimtek tersebut.

 

RD. Stefanus juga menyampaikan bahwa SMA Katolik Giovanni Kupang tengah mengupayakan berbagai terobosan yang berguna bagi pengembangan literasi dan penalaran siswa. Baginya, para siswa harus mampu menciptakan karya literasi yang sesuai dengan tuntutan zaman, terutama era digital saat ini.

 

“Kita menyediakan bahan bacaan yang berkualitas, mendorong siswa untuk membaca secara teratur dan bisa menulis, menyediakan pelatihan peningkatan keterampilan menulis, menyediakan peluang untuk berbicara dan berdiskusi. Kita menekankan lahirnya Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berkualitas, sehingga melalui program ini kita berharap semua upaya tersebut bisa turut terlaksana dengan baik,” tambah RD. Stefanus.



Sementara itu, ketika dikonfirmasi oleh media ini, salah satu Panitia Pelaksana Bimtek Literasi, Yohanes Dedy Teguh, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berguna untuk mendorong para guru dan siswa agar bisa memahami dan mempraktikkan penyusunan sebuah karya tulis secara teknis, baik yang bersifat ilmiah maupun fiksi.

 

“Tujuan atau hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah menghasilkan produk tulisan yang berkualitas. Kita berharap agar mereka bisa mengetahui teknis penyusunan karya tulis, baik bagi para guru maupun siswa. Ke depannya juga, kita berencana untuk menerbitkan buku hasil dari tulisan para siswa,” pungkasnya.

 

Ia mengatakan jumlah peserta pada kegiatan tersebut adalah 15 orang guru dan 35 orang siswa. Dalam praktiknya, para guru diarahkan dan didampingi untuk menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Artikel Ilmiah Populer, dan Best Practice, sedangkan, para siswa didampingi untuk menyusun esai, pentigraf, dan karya jurnalistik.  



Untuk diketahui, kegiatan Bimtek Literasi tersebut menghadirkan 2 Narasumber, yakni Dosen Undana Kupang, Felisianus Efrem Jelahut, S.Fil.,M.I.Kom., dan Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Pendidikan Cakrawala NTT, Mario Djegho, S.I.Kom. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments