Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SEKSI BIMKAT KEMENAG TTS GELAR PEMBINAAN IMAN BAGI PENYULUH AGAMA KATOLIK

 

(Suasana kegiatan Pembinaan Iman Bagi Penyuluh Agama Katolik di Kantor Kemenag TTS)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dan menggembirakan bagi masyarakat, Seksi Bimbingan Katolik (Bimkat) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar kegiatan Pembinaan Iman Bagi Penyuluh Agama Katolik di Wilayah TTS, Jumat (24/3/2023), di Aula Haumeni, Kantor Kemenag TTS.

 

Dalam arahan ketika membuka kegiatan, Kepala Seksi Bimas Katolik, James Umbu Tobu, S.Ag., memberikan apresiasi dari Kepala Kantor Kemenag TTS kepada para Penyuluh Agama Katolik yang telah mengambil bagian dalam kegiatan Pembinaan Iman tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong para penyuluh agar mampu menyuarakan kebaikan dan kebenaran bagi sesama.

 

“Para penyuluh diharapkan mampu menyuarakan kebaikan dan kebenaran bagi sesama serta diharapkan agar melalui kegiatan ini para penyuluh yang hadir bisa menjadi garam dan terang dunia, bukan sebagai pemecah belah, terutama pada tahun politik,” ujarnya.

 

Ia menambahkan tahun ini merupakan tahun toleransi, sehingga perlu dibangun kesatuan dan kerja sama yang baik melalui moderasi beragama.

 

Sementara itu, Narasumber Kegiatan, Pater Valens, CMM., mengatakan tujuan dasar panggilan sebagai Penyuluh Agama Katolik adalah untuk membentuk seseorang menjadi diri sendiri yang utuh dan dewasa.



“Sebagai penyuluh, sudah seharusnya membentuk diri sendiri menjadi utuh dan dewasa sehingga mampu melihat diri sendiri dan orang lain,” ungkapnya.

 

Terkait moderasi beragama, Pater Valens menekankan para penyuluh agar berada di tengah masyarakat secara total dan saling merangkul. Para penyuluh, tandasnya, tidak boleh bekerja secara sebagian, tetapi utuh.

 

Sedangkan, salah seorang Penyuluh Agama Katolik yang hadir, Renci, mengaku senang dengan kegiatan tersebut karena disadarkan bagaimana pentingnya moderasi beragama di zaman ini serta peran penyuluh agama di dalam lingkungan masyarakat. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments