Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

RAYAKAN HUT KE-49 PPNI, INI KEGIATAN YANG DIHELAT DPW PPNI NTT

 

(Suasana rapat pemantapan kegiatan perayaan HUT Ke-49 PPNI oleh DPW PPNI NTT)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Semenjak dibentuk Sabtu (25/02/2023) lalu, Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-49 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tingkat Dewan Pengurus Wilayah PPNI Provinsi Nusa Tenggara Timur (DPW PPNI NTT) terus melakukan berbagai persiapan dan pada Kamis (09/03/2023) telah dilakukan rapat pemantapan rencana kegiatan di Graha PPNI NTT yang berlokasi di Jl. Nekafmese, Sungkaen, Kelurahan Naimata, Kota Kupang.

 

Ketua Panitia, Bonevasius Bhute, S.Kep.,Ns.,M.Kes., menjelaskan bahwa persiapan panitia sudah makin mengerucut pada kegiatan yang mungkin untuk dilaksanakan. Menurutnya, dari sekian banyak rencana yang diusulkan masing-masing seksi, pada akhirnya ada 4 kegiatan utama yang akan diselenggarakan bersama.

 

“Kita siap mengadakan kegiatan ilmiah berupa webinar keperawatan nasional, pengabdian masyarakat, pertandingan voli, dan perayaan puncak HUT PPNI pada 17 Maret mendatang,” kata Bonevasius Bhute.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan gambaran umum masing-masing kegiatan yang telah disiapkan masing-masing seksi. Tim Infokom DPW PPNI NTT meringkas informasi kegiatan-kegiatan tersebut sebagai berikut.

 

Webinar Keperawatan Nasional

 

Kegiatan ilmiah diisi dengan Webinar Keperawatan Nasional yang mengusung tema “Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme”. Webinar ini akan menghadirkan 4 pembicara, di antaranya Emanuel Melkiades Laka Lena. S.Farm. (Anggota DPR RI); Drs. Josef Nae Soi, M.M. (Wakil Gubernur NTT);  Prof. Dr. Roro Tutik Sri Hariyati, S.Kp.,MARS. (Dosen Universitas Indonesia); dan Ns. Aemilianus Mau, S.Kep.,M.Kep (Ketua DPW PPNI NTT).

 

Selain itu, ada juga sesi berbagi pengalaman  (Sharing session) tentang hubungan kesejahteraan dengan professionalisme perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di fasilitas kesehatan. Sesi ini menghadirkan dua perawat berpengalaman, yaitu Sri Hanna Wijiati, S.Kep.Ns. dan Risot Hasan, S.Kep.Ns. Keseluruhan sesi webinar akan dipanel secara bersamaan dan dipandu oleh Dr. Florentianus Tat, SKp.,M.Kes. selaku moderator.

 

Pelaksanaan webinar akan dilangsungkan melalui media Zoom pada Rabu, 15 Maret 2023, mulai pukul 10.00 WITA-selesai. Pesertanya terbuka untuk perawat, mahasiswa keperawatan, dan masyarakat umum yang tertarik dengan topik yang diusung.

 

Bagi para peminat webinar ini bisa mendaftar secara daring melalui tautan berikut ini: KLIK DI SINI! Pendaftaran juga bisa dilakukan secara kolektif di institusi masing-masing, kemudian berkoordinasi dengan panitia melalui Nomor WA: https://wa.me/+6281281412044 (Rusni Tage). Informasi selengkapnya bisa dilihat pada poster informasi di bawah ini.



Pengabdian Masyarakat

 

Kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) rencana akan digelar di GMIT Jemaat Pukan Aknino, Kelurahan Naioni, Kota Kupang pada Minggu, 19 Maret 2023, mendatang. Berdasarkan penjajakan panitia, daerah ini berada cukup jauh dari fasilitas kesehatan dasar (puskesmas) dan teridentifikasi memiliki bayi/balitas stunting dan gizi kurang serta masalah Penyakit Tidak Menular (PTM).

 

Karena itu, panitia HUT PPNI ke-49 tingkat DPW PPNI NTT berkolaborasi dengan organisasi profesi kesehatan lain seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) dan PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Wilayah NTT untuk melakukan kegiatan Pengmas Bersama dengan menyasar pada masalah stunting dan PTM.

 

Selain itu, kegiatan Pengmas Bersama ini juga didukung oleh berbagai lembaga lain yang menjadi mitra DPW PPNI NTT, diantaranya STIKes Maranatha Kupang, Prodi Keperawatan Universitas Citra Bangsa (UCB), Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang, Kelurahan Naioni, Puskesmas Naioni, RS St. Carolus Borromeus Kupang, dan lainnya.

 

Bentuk kegiatan pengmas berupa edukasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan sederhana, serta pemberian konseling kesehatan. Penyuluhan kesehatan berfokus pada faktor risiko PTM seperti merokok, minum alkohol, kurang melakukan aktivitas fisik dan diet tidak sehat. Selain itu, ada juga demonstrasi pembuatan formula 100 oleh Persagi NTT untuk menangani masalah stunting.

 

Pertandingan Bola Voli

 

Panitia HUT PPNI ke-49 tingkat DPW PPNI NTT juga menyelenggarakan pertandingan bola voli untuk menyemarakkan suasana menjelang hari puncak ulang tahun. Pertandingan voli terbuka untuk tim putra dan putri dari berbagai fasilitas kesehatan maupun institusi pendidikan tinggi keperawatan/kesehatan yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.

 

Setiap lembaga/institusi bisa mendaftarkan lebih dari satu tim. Setiap tim dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 dan bisa melakukan pendaftaran secara daring melalui tautan berikut: KLIK DI SINI! Waktu pendaftaran dibuka hingga Minggu, 12 Maret 2023 dan dilanjutkan pertemuan teknis perlombaan (Technical Meeting) pada hari yang sama, pukul 16.00 WITA, di Graha PPNI NTT.

 

Pertandingan voli akan dimulai pada Senin, 13 Maret 2023, dan diawali dengan seremonial pembukaan pada pukul 15.00 WITA yang akan berlangsung di lapangan voli milik Paroki Santu Petrus Rasul, Kelurahan TDM (Tuak Daun Merah), Kota Kupang.  Pemenang pertandingan voli ini akan mendapatkan apresiasi berupa piala dan uang pembinaan. Informasi lengkapnya bisa dilihat pada poster di bawah ini.



Kegiatan Puncak HUT PPNI ke-49


Puncak HUT PPNI ke-49 dirayakan pada 17 Maret 2023 mendatang. Perayaan tingkat DPW PPNI NTT dilakukan dengan ibadah syukur yang berpusat di Graha PPNI NTT. Selain itu, kegiatannya juga akan diisi dengan pemotongan tumpeng, pembagian hadiah pertandingan voli, pemberian apresiasi bagi perawat berprestasi, acara hiburan, dan ramah tamah bersama.

 

Setelah ketua panitia memberikan gambaran umum mengenai kegiatan HUT Ke-49 PPNI, Ketua DPW PPNI NTT yang pada saat rapat pemantapan itu diwakili oleh Sekretaris, Kori Limbong, S.Kep.,Ns., mengapresiasi kerja keras yang dilakukan panitia. Menurutnya, apa yang sudah direncanakan sudah maksimal, tinggal bagaimana dilaksanakan dengan baik.

 

“Terima kasih untuk kerja keras semua panitia. Mari kita sukseskan perayaan HUT PPNI ke-49 tingkat DPW PPNI NTT ini,” tutup Kori Limbong. (Saverinus Suhardin/Infokom DPW PPNI NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments