Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GELAR CAREER DAYS PERIODE I TAHUN 2023, UNWIRA FOKUS LAHIRKAN SDM UNGGUL

 

(Para peserta Career Days Unwira sedang menyimak penjelasan tentang Beasiswa Fullbright yang dibawakan dalam sesi Scholarship Talkshow)


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melalui Kantor Kerja Sama dan Pusat Karier menggelar kegiatan Career Days Periode I Tahun 2023 selama 2 hari, yakni Selasa-Rabu (14-15/3/2023), di Aula St. Maria Immaculata, Kampus Penfui. Kegiatan yang mengusung tema “Sudahkan Kami Merencanakan Kariermu? Let’s Catch Your Future!” tersebut dihadiri oleh 553 Wisudawan/ti yang akan diwisuda sebagai Sarjana Angkatan LXVII dan Pascasarjana Angkatan XXXIX dalam Wisuda Periode I Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023.   

 

Dalam laporan kepanitian, Ketua Pelaksana Career Days Periode I Tahun 2023, Mauritius Ildo Rivendi Naikofi, ST.,MT., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut. Pada pelaksanaannya, terang Mauritius, pihak panitia akan menyajikan berbagai rangkaian acara, seperti Inspirational Talks, Scholarship Talks, Live Music, Kuis Berhadiah, Creative Dance, Dance Cetar, Monolog, dan Stan Pameran Lowongan Pekerjaan.   

 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, yakni Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus (Yapenkar) Kupang, para mahasiswa dan wisudawan, lembaga sponsor, lembaga penyedia lowongan pekerjaan, lembaga penyedia beasiswa, donatur, dan pihak panitia pelaksana,” ungkapnya.


(Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Thomas Suban Hoda, ST.)

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Provinsi NTT yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Thomas Suban Hoda, ST., menuturkan bahwa pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan atau upaya yang bisa menjembatani calon tenaga kerja dengan dunia kerja. Hal itu, ujarnya, sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, yakni “NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”.  

 

“Melalui kegiatan ini, kita turut mendukung visi Pemprov NTT. Salah satu misinya adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Dari sisi ketenagakerjaan, kami tentunya berusaha meningkatkan SDM yang berkualitas. Semoga lulusan Unwira kelak bisa berpartisipasi dalam proses pembangunan di Provinsi NTT,” katanya.

 

Thomas menambahkan bahwa untuk melahirkan SDM yang berkualitas, maka perlu dilakukan kerja sama dan kolaborasi bersama berbagai pihak, sehingga calon tenaga kerja bisa memiliki keterampilan dan kompetensi. Hal itu, ujarnya, bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan dan memfasilitasi calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan kerja. Mereka, tambah Thomas, harus memiliki attitude, semangat pantang menyerah, selalu belajar, dan bertanggung jawab.



Fokus Lahirkan SDM Unggul

 

Sementara itu, Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., dalam sambutannya, turut menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan Career Days Periode I Tahun 2023 tersebut. Melalui kegiatan Career Days, ungkapnya, Unwira ingin menunjukkan komitmen dan fokusnya dalam melahirkan SDM unggul melalui lulusan-lulusan yang berkompeten dan mampu menyesuaikan diri di dunia kerja.

 

“Kita selama 2 hari akan melakukan expo. Kita akan melihat dan menunjukkan apa yang kita miliki dalam bidang pendidikan, keterampilan, dan ketenagakerjaan agar lulusan kita bisa terbiasa di dunia kerja,” jelas Pater Philipus.

 

Ia menerangkan bahwa masyarakat NTT kerap mengalami persoalan terkait pengangguran, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), terbatasnya lapangan kerja, dan sebagainya. Persoalan ketenagakerjaan, ungkap Pater Philipus, masih menjadi perhatian serius mengingat aspek keterampilan dan kompetensi para tenaga kerja masih belum maksimal. Untuk itu, sambungnya, Perguruan Tinggi (PT), terkhususnya Unwira, harus mampu mengatasi hal tersebut.


(Rektor Unwira, Pater Dr. Philipus Tule, SVD.)

“Perguruan Tinggi harus melahirkan SDM tenaga kerja yang berkualitas, kompeten, terampil, sehingga bisa unggul. Dan Unwira pun sudah melakukan hal itu,” tandasnya.

 

Lebih lanjut, jelas Pater Philipus, Unwira menerapkan tiga prinsip (3C) dalam konteks melahirkan tenaga kerja atau SDM yang unggul, yakni harus memiliki pengetahuan (concept), kompetensi (competence), dan koneksi atau jejaring sosial (connection). Dengan diselenggarakannya Career Days, pungkasnya, pihak Unwira sebenarnya ingin memberikan ruang koneksi dan wadah jejaring sosial kepada para lulusan di dunia kerja.



Pantauan media, kegiatan Career Days tersebut juga dihadiri oleh beberapa pihak sponsor, antara lain Jasa Raharja Putra, PT Pohon Cahaya, dan Telkomsel. Selain itu, ada juga beberapa mitra yang menyediakan lowongan pekerjaan, yakni PT Smart Multi Finance, Bank Arta Graha, Micro Madani Institute, La Tulipe, Oriflame, dan PT prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) Kupang Group BRI. (MDj/red)

 

(Berita di atas juga bisa dibaca dan diakses di link https://unwira.ac.id/home/detail_berita/1590/selenggarakan-career-days,-unwira-tekankan-etos-kerja)


Post a Comment

0 Comments