Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KADIS PKO SIKKA TANAM POHON LITERASI DI SMP NEGERI 3 MAUMERE

 

(Foto: Penyerahan pohon literasi kepada Kepala SMP Negeri 3 Maumere oleh Pimpinan Umum Cakrawala NTT untuk selanjutnya diberikan kepada Kepala Dinas PKO Kabupaten Sikka)


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka, Yoseph Heriyanto Vandiron, S.Sos.,M.I.Kom., menggelar penanaman “pohon literasi” usai menutup secara resmi kegiatan Workshop Literasi di SMP Negeri 3 Maumere, Rabu (22/2/2023). Penanaman pohon literasi tersebut disaksikan oleh Kepala SMP Negeri 3 Maumere, Plasidius Apdon, S.Pd., Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, para guru, peserta didik, dan Formator Literasi Cakrawala NTT.   

 

Dalam sambutannya, Hery Sales memberikan apresiasi kepada seluruh guru dan peserta didik SMP Negeri 3 Maumere yang telah terlibat aktif dalam kegiatan Workshop Literasi bersama Cakrawala NTT tersebut. Penanaman pohon literasi tersebut, ujar Hery, menjadi simbol penguatan literasi di lingkungan SMP Negeri 3 Maumere. Penguatan literasi, sambungnya, juga senada dengan pengimplementasian Gerakan Sikka Belajar yang menjadi program prioritas untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di Kabupaten Sikka.

 

“Program GSB di Kabupaten Sikka mewajibkan satuan pendidikan di Sikka untuk memberikan waktu dari jam 4 sampai 7 malam untuk memberikan kesempatan siswa-siswi untuk belajar. Bapak/Ibu Guru tetap mengawasi jam belajar siswa dan semua orang tua siswa mengawasi jam belajar siswa di rumah,” ujar Hery Sales.


(Kepala Dinas PKO Kabupaten Sikka saat menanam pohon literasi disaksikan Pimpinan Umum Cakrawala NTT)

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Maumere, Plasidius Apdon, S.Pd., mengungkapkan rasa terima kasih kepada Cakrawala NTT atas waktu dan kolaborasi dalam proses Workshop Literasi di SMP Negeri 3 Maumere. “Literasi menjadi kebutuhan. Dengan kegiatan tersebut, satuan lembaga pendidikan dapat berinovasi dan kreatif dalam mengakarkan budaya literasi,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, menuturkan bahwa tujuan penanaman pohon literasi tersebut adalah untuk mendorong dan mengakarkan literasi di SMP Negeri 3 Maumere. “Benih-benih literasi sudah tumbuh di sekolah ini, maka Cakrawala NTT hadir untuk menghidupkan api literasi di Sikka. Penanaman pohon literasi tersebut untuk menghidupkan nafas baru di lingkungan SMP Negeri 3 Maumere,” pungkas Gusty.



Untuk diketahui, kegiatan Workshop Literasi di SMP Negeri 3 Maumere tersebut diikuti oleh 35 guru dan 75 peserta didik bersama Tim Cakrawala NTT. Acara penutupan Workshop Literasi ditandai dengan penanaman pohon literasi, penampilan hasil karya peserta didik dalam acara pentas, serta testimoni dari guru dan peserta didik. Momentum penanaman pohon literasi ditandai dengan penyerahan pohon literasi dari Pimpinan Umum Cakrawala NTT kepada Kepala SMP Negeri 3 Maumere dan selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinas PKO Kabupaten Sikka. (Bastian Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments