Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SELAMAT! 7.948 GURU DINYATAKAN LULUS PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN IV

 

(Foto: Ilustrasi Guru Penggerak/Kemendikbudristek)


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Sebanyak 7.948 peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan IV dinyatakan lulus sebagai Guru Penggerak. Hal tersebut diutarakan Direktur Kepala, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek, Praptono, pada penutupan acara tersebut secara daring, Rabu (28/12/2022) lalu.


“Pada angkatan 1-3 rata-rata sekitar 2.800 guru setiap angkatan. Di angkatan 4 ini jumlahnya sangat besar, 8.053 peserta yang mengikuti, dan pada hari ini sebanyak 7.948 orang yang mengikuti pendidikan kita nyatakan lulus sebagai Guru Penggerak,” terang Praptono.


Ia mengatakan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV menjadi sangat istimewa karena jumlah peserta yang mengikuti cukup banyak dibandingkan angkatan sebelumnya. Para guru yang dinyatakan lulus tersebut telah mengikuti proses pendidikan, pendampingan dari pengajar praktik, serta pemberian materi dari fasilitator dan instruktur.



Peserta yang dinyatakan lulus pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV, kata Praptono, berhak mendapatkan sertifikat sebagai Guru Penggerak. “Dengan sertifikat tersebut, sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak, Bapak/Ibu telah memenuhi standar administratif untuk diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah. Mengacu pada Permendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021, kita sudah mendorong dan memberikan regulasi pada gubernur, bupati, dan walikota, agar persyaratan administratif pengangkatan kepala sekolah sudah memiliki sertifikat Guru Penggerak,” lanjut Praptono yang juga menutup secara resmi PGP Angkatan 4.


Pendidikan Guru Penggerak sendiri merupakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar di sekitarnya yang dapat mewujudkan Merdeka Belajar bagi peserta didik.

 

Program yang merupakan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar Episode 5 tersebut bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah, serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing.


Dalam pelaksanaannya, Pendidikan Guru Penggerak didesain melalui pendekatan andragogi dan blended learning selama 9 (sembilan) bulan. Program ini didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan. Untuk itu, 70 persen kegiatan dilakukan dalam bentuk on-the-job training, dimana guru sebagai peserta Pendidikan Guru Penggerak tetap bertugas mengajar dan menggerakkan komunitas di sekolah. Sementara, 20 persen kegiatan dirancang dalam bentuk kegiatan belajar bersama rekan sejawat, dan 10 persen lainnya dilakukan dalam bentuk pembelajaran bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping.

 


Dalam perjalanannya, Pendidikan Guru Penggerak hingga bulan Oktober tahun 2022 telah berlangsung sebanyak 7 angkatan. Angkatan I telah berakhir pada September 2021, Angkatan II berakhir Januari 2022, Angkatan III berakhir bulan Juli 2022, Angkatan IV dimulai 14 Oktober 2021 dan berakhir 26 November 2022, Angkatan V dimulai pada bulan Mei 2022, Angkatan VI dimulai 24 Agustus 2022, dan Angkatan VII dimulai 20 Oktober 2022.


Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV awalnya diikuti oleh peserta sebanyak 8.053 orang Calon Guru Penggerak yang berasal dari 146 kabupaten/kota di 31 provinsi. Sebanyak 11 orang tidak melakukan registrasi, sehingga yang mengikuti Pendidikan Guru Penggerak sejumlah 8.042 orang. Dalam perjalanannya, terdapat 89 orang menyatakan mengundurkan diri, sehingga pada akhir program peserta berjumlah 7.953 orang. Setelah menjalankan program selama 9 bulan dan penilaian yang diberikan oleh fasilitator dan pengajar praktik, maka dinyatakan lulus sebanyak 7.948 orang Guru Penggerak. (Kemendikbudristek/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments