Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Lantik Pengurus DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi, Agustinus Ara: Pengurus Harus Memiliki Komitmen

 

(Foto: Suasana Pelantikan Pengurus DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi/Infokom PPNI NTT)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Ketua DPD PPNI (Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kota Kupang, Agustinus Ara, S.Kep.,Ns.,M.Kes, melantik Dewan Pengurus Komisariat (DPK) PPNI Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kupang pada Sabtu (21/01/2023) di aula rumah sakit tersebut yang terletak di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Di sela-sela persiapan acara pelantikan tersebut, Wakil Ketua Bidang dan Ketua Divisi Organisasi dan Kaderisasi DPD PPNI Kota Kupang, Aprianus Misa dan Rikardus Lahamukang, menjelaskan bahwa sebelumnya mereka telah memfasilisitasi proses Musyawah Komisariat (Muskom) ke-1 di rumah sakit vertikal yang baru diresmikan oleh Menkes Budi Sadikin pada Desember 2020 lalu itu.

 

Aprianus Misa mengatakan meskipun rumah sakit itu terbilang baru dan perawat-perawat yang ada baru saja mulai bekerja di sana, tapi mereka mendapat bimbingan langsung dari perawat-perawat senior yang berasal dari rumah sakit vertikal (sebutan lain untuk RSUP) se-Indonesia.

 

Menurut Aprianus Misa, pendamping  yang menginisiasi pembentukan DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi Kupang itu di antaranya Ns. Alfitri, M.Kep.,Sp.KMB. yang merupakan perawat praktisi RSUP dr. M. Djamil sekaligus sebagai Ketua DPD PPNI Kota Padang, kemudian ada Ns. Ni Luh Putu Sri Wirayuni, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep.M.B. yang merupkan perawat praktisi RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Kota Denpasar sekaligus Sekretaris Hipmebi Bali, dan pendamping lainnya.

 

Aprianus Misa menambahkan jalannya Muskom ke-1 PPNI RSUP dr. Ben Mboi Kupang yang berlansung pada Jumat (13/01/2023) itu mengikuti tahapan rapat pleno sesuai standar yang biasa diterapkan dalam organisasi PPNI. Setelah melewati proses yang cukup panjang, lanjut Aprianus Misa, akhirnya terjaring 5 calon ketua yang kemudian dimenangkan oleh Marni Paskalina Moni.

 

Ketua DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi Kupang yang terpilih itu bersama para pengurus kemudian dilantik setelah sebelumnya menyelenggarakan Webinar Keperawatan tentang profesionalisme perawat. Pelantikan yang dimulai pukul 15.30 itu diawali dengan seremonial pembukaan, kemudian dilanjutkan pembacaan SK (Surat Keputusan) oleh Sekretaris DPD PPNI Kota Kupang, Kornelis Nama Beni.

 

Setelah semua pengurus berdiri di area depan aula, Agustinus Ara, selaku Ketua DPD PPNI Kota Kupang, kemudian melakukan pelantikan sekaligus memandu pengucapkan janji para pengurus agar bisa bekerja sesuai AD/ART dan berbagai ketentuan yang berlaku. Acara pelantikan yang mengusung tema “Perawat Bersama Rakyat menuju Indonesia Sehat” berlangsung lancar dan aman.

 

Ketua DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi Kupang, Marni Paskalina Moni, dalam sambutannya, menyampaikan kepada seluruh pengurus yang baru dilanti maupun anggota, agar terus membangun kekompakan; bahu-membahu membangun organisasi profesi perawat PPNI.

 

“Kita membesarkan organisasi profesi ini dengan kerja sama. Organisasi ini bukan milik pribadi saya sebagai ketua, tapi milik bersama perawat di rumah sakit ini,” kata Marni Paskalina Moni di akhir kata sambutannya.



DPK PPNI ke-20 di Kota Kupang

 

Ketua DPD PPNI Kota Kupang, Agustinus Ara, mengapresiasi Direktur dan jajaran manajemen RSUP dr. Ben Mboi Kupang, khususnya lagi kepada perawat pendamping dari berbagai rumah sakit vertikal se-Indonesia yang telah memberi ruang dan membimbing perawat di RS tersebut untuk membentuk sebuah DPK PPNI yang baru.

 

“Selamat kepada ketua DPK dan pengurus yang baru dilantik. Selamat bergabung dengan kami. Ini DPK ke-20 di Kota Kupang,” kata Agustinus Ara yang disambut tepuk tangan hadirin.

 

Pada kesempatan itu, Agustinus Ara mengingatkan bahwa momentum pelantikan merupakan start awal, sehingga perlu disikapi secara positif oleh semua pengurus. Menurutnya, organisasi profesi akan bermakna kalau semua elemen bekerja saja.

 

Berdasarkan pengalamannya, Agustinus Ara meyakinkan para pengurus bahwa, aktif dalam organisasi profesi memiliki menfaat yang baik. Sebagai contoh, ia mengatakan kalau setiap pengurus berpeluang bertemu dengan orang  atau tokoh hebat lewat organisasi.

 

“Kita akan belajar banyak dari orang-orang hebat tersebut, bagaimana menyelesaikan masalah dan memajukan organisasi,” tambah Agustinus Ara.

 

Karena itu, ia mengingat pada pengurus yang baru dilantik agar tidak merasa beban dengan tugas tambahan mengelola organisasi profesi. Menurutnya, setiap kegiatan yang dilakukan PPNI pasti memberi makna yang positif bagi pengembangan pribadi masing-masing pengurus.

 

Agustinus Ara juga mendukung apa yang disampaikan Ketua DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi Kupang sebelumnya, bahwa organisasi profesi tidak bisa dijalankan sendiri oleh seorang ketua, tapi harus digerakan bersama oleh pengurus lainnya.

 

“Jadi, semua pengurus harus memiliki komitmen yang kuat. Bangun kerja sama yang baik,” pesan Agustinus Ara.

 

Sementara itu, Plh. Diretur RSUP dr. Ben Mboi Kupang yang pada kesempatan itu diwakili Koodinator Bidang Hukum dan Humas, Supri, menyampaikan terima kasih kepada DPD PPNI Kota Kupang dan semua pihak yang menyukseskan kegiatan tersebut.

 

Atas nama manajemen rumah sakit, Supri  mengucapkan selamat kepada pengurus DPK PPNI RSUP dr. Ben Mboi Kupang yang baru dilantik. Pihak manajemen berharap, setelah pelantikan itu pengurus selalu semangat bekerja, karena rumah sakit baru itu tentunya masih perlu dilakukan pembenahan.

 

“Tapi dari semangat yang terlihat, kami percaya, 3-5 tahun ke depan, kita bisa bersaing dengan rumah sakit vertikal lainnya,” kata Supri yang disambut tepuk tangan hadirin.

 

Pada kesempatan itu, Supri juga meneruskan pesan pimpinan agar semua perawat selalu menjaga nama baik masing-masing; jaga teman; dan jaga nama baik Kemsterian Kesehatan RI. “Semoga ke depan makin maju dan kuat, memberi manfaat bagi masyarakat Kota Kupang dan NTT pada umumnya,” tandas Supri. (Saverinus Suhardin/Infokom DPW PPNI NTT/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments