Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Beasiswa LPDP Kembali Dibuka Tahun 2023, Simak Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

(Foto: Beasiswa LPDP/https://lpdp.kemenkeu.go.id/)


CAKRAWALANTT.COM - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3 secara gratis. Pendaftaran beasiswa tahap I 2023 akan dibuka pada bulan Februari hingga Maret 2023. Total pada 2023 ada kuota beasiswa bagi 3.256 mahasiswa. Sedangkan, pendaftaran untuk gelombang kedua akan dibuka pada Juni 2023 mendatang.


Beasiswa LPDP menjadi salah satu beasiswa yang paling ditunggu-tunggu pelajar Indonesia. Pasalnya, beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang dibiayai pemerintah Indonesia diberikan kepada peserta selama program pendidikan berlangsung. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa Indonesia yang akan menempuh pendidikan S2 dan S3, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun mancanegara.

 

Kuota beasiswa LPDP 2023 akan dibuka untuk 3.256 mahasiswa. Selain itu, sebanyak 7.047 mahasiswa yang telah menerima beasiswa LPDP akan melanjutkan pendanaan di tahun ini.

 

Melansir dari situs resmi LPDP Kementerian Keuangan, berikut kategori, syarat, dan jadwal seleksi Beasiswa LPDP 2023:

 

Kategori Beasiswa

 

Pendaftaran beasiswa LPDP akan dibuka untuk tiga kategori. Masing-masing kategori memiliki persyaratan khusus yang berbeda. Berikut kategorinya:


Beasiswa afirmasi: untuk Putra-Putri Papua, daerah afirmasi, prasejahtera, dan penyandang disabilitas


Beasiswa targeted: untuk penguatan sektor publik dan sektor industri. Nantinya beasiswa ini berbentuk Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, Beasiswa PNS, TNI, dan Polri, Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material, dan Beasiswa Kewirausahaan.


Beasiswa umum: mencakup beasiswa reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), dan Beasiswa Co-Funding (parsial).

 

Persyaratan Beasiswa

 

Bagi Anda yang ingin mendaftar, setidaknya ada delapan syarat umum yang harus dipenuhi, diantaranya:


(1) Pendaftar telah lulus dari program D4/S1 atau S2 perguruan tinggi terakreditasi; (2) Pendaftar tidak sedang menempuh studi degree/non-degree baik S2 maupun S3; (3) Pendaftar tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain; (4) Bagi pendaftar lulusan luar negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK; (5) Pendaftar wajib mengisi profil pendaftaran dengan lengkap; (6) Pendaftar wajib menandatangani surat pernyataan; (7) Pendaftar menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pascastudi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikan studi; (8) Pendaftar program S3 diwajibkan memiliki proposal penelitian.

 

Jadwal Seleksi Beasiswa

 

Pendaftaran beasiswa tahun ini dibuka dalam 2 gelombang. Berikut tanggal-tanggal pentingnya:

 

Gelombang 1


Pendaftaran: Februari - Maret 2023

Seleksi Administrasi: Maret-April 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: April 2023

Seleksi Bakat Skolastik: April 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: April 2023

Seleksi Substansi: Juni-Juli 2023

Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: Juli 2023

 

Gelombang 2


Pendaftaran Beasiswa: Juli-Agustus 2023

Seleksi Administrasi: Agustus 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: Agustus 2023

Seleksi Bakat Skolastik: Agustus-September 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: September 2023

Seleksi Substansi: September-November 2023

Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: November 2023

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa LPDP 2023 dapat diakses melalui https://lpdp.kemenkeu.go.id/. (MDj/red)

Post a Comment

0 Comments