Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

MABIM FISIPOL UNIMOR TAHUN AKADEMIK 2022-2023 RESMI DITUTUP

 

(Foto: Suasana penutupan Masa Bimbingan FISIPOL UNIMOR Tahun Akademik 2022-2023)


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Masa Bimbingan (Mabim) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Timor (FISIPOL UNIMOR), Timor Tengah Utara (TTU), Tahun Akademik 2022-2023 resmi ditutup oleh Dekan FISIPOL UNIMOR, Dr. Drs. Elpius Kalembang, M.Si., dalam acara seremonial yang berlangsung di pelataran kampus FISIPOL UNIMOR, Senin (19/12/2022). Acara seremonial ini dihadiri oleh seluruh peserta dan panitia Mabim, bersama para dosen dan tenaga akademik dalam lingkup FISIPOL UNIMOR.

 

Dalam sambutannya, Dekan FISIPOL UNIMOR, Dr. Drs. Elpius Kalembang, M.Si., menyampaikan bahwa Mabim dimaksudkan untuk membekali seluruh mahasiswa FISIPOL UNIMOR guna memiliki mental pelajar yang selalu merasa haus akan pengetahuan, serta untuk meletakkan dasar bagi terbentuknya profil ideal mahasiswa yang kontributif dalam pembangunan. Oleh karena itu, para peserta Mabim perlu meresapkan berbagai materi yang telah diperoleh selama proses Mabim ini sebagai bekal untuk menjalani seluruh proses pendidikan di FISIPOL UNIMOR, sesuai dengan Janji Mahasiswa.

 

"Saya berharap, Janji Mahasiswa yang telah Anda nyatakan secara lantang pada acara ini dapat terus dipegang dan dihayati selama Anda belajar di sini, sekalipun kegiatan Mabim telah berakhir pada hari ini,” ungkap Dekan FISIPOL UNIMOR.


(Foto: Pelucutan atribut Mabim oleh Dekan FISIPOL UNIMOR, Dr. Drs. Elpius Kalembang, M.Si.)

Secara simbolik, berakhirnya Mabim FISIPOL UNIMOR Tahun Akademik 2022-2023 ini ditandai dengan pelucutan atribut Mabim yang dikenakan oleh para peserta, penyerahan Sertifikat Mabim kepada perwakilan peserta, dan pembacaan Janji Mahasiswa. Atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan Mabim ini, Dekan FISIPOL UNIMOR menyampaikan terima kasih  atas kerja keras dan kreativitas dalam seluruh panitia dan para dosen pendamping Mabim.

 

Adapun Sertifikat Mabim disediakan dalam bentuk e-sertifikat, dan akan dibagikan secara online melalui perangkat google form. Sertifikat ini hanya akan diberikan kepada peserta yang memenuhi ambang batas minimal kehadiran selama seluruh kegiatan Mabim yang ditetapkan panitia, dan rencananya akan digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa FISIPOL UNIMOR, seperti kegiatan Praktik Kerja Mahasiswa (PKM) pada semester VII.

 

Ditemui setelah acara seremonial, Ketua Panitia Mabim FISIPOL UNIMOR, Kanisius Kono, S.Fil.,M.Sos., juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta, bersama para dosen dan tenaga kependidikan di lingkup FISIPOL UNIMOR yang telah sangat kooperatif, sehingga kegiatan yang berlangsung selama satu semester ini dapat berjalan dengan baik.


(Foto: Ketua Panitia Mabim FISIPOL UNIMOR, Kanisius Kono, S.Fil.,M.Sos.)

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada para pemateri selama Mabim ini, baik dari internal dan eksternal UNIMOR, yang telah mengisi seluruh proses Mabim ini dengan aktivitas akademik yang sangat relevan dan bermanfaat bagi para peserta,” ungkap Kanisius.

 

Untuk diketahui, kegiatan Mabim FISIPOL UNIMOR Tahun Akademik 2022-2023 ini berlangsung setiap hari Sabtu selama satu semester, di bawah tema “Membentuk Mahasiswa FISIPOL Yang Kontributif di Perbatasan RI-RDTL dengan Spirit Sapientia Et Veritas dalam Bingkai Kurikulum MBKM”. 


Kegiatan Mabim ini diisi dengan materi-materi ceramah yang dibawakan oleh para narasumber dari kalangan dosen, tenaga akademik, dan Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkup UNIMOR, juga narasumber dari luar UNIMOR, meliputi unsur Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan DPRD Kabupaten Timor Tenaga Utara, Pemerintah Desa di Perbatasan RI-RDTL, Praktisi Pembangunan, Pelaku Bisnis dan Kewirausahaan, Pegiat Komunitas Literasi, Jurnalis, dan Pemimpin Agama.


(Foto: Peserta terbaik dalam Mabim FISIPOL UNIMOR, Oktavianus Amfotis)

Menjadi Civitas Cahaya

 

Oktavianus Amfotis, mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan, dipilih sebagai peserta terbaik dalam Mabim FISIPOL UNIMOR Tahun 2022-2023. Dalam penyampaian kesan selama mengikuti Mabim, Oktavianus mengakui telah menerima banyak materi Mabim yang membuka cakrawala berpikir dan menyentak kesadarannya untuk tekun menimba dan menghidupi pengetahuan selama belajar di FISIPOL UNIMOR.

 

“Pengetahuan itu cahaya. Di dalam pengetahuan, terangkum kebenaran dan kebijaksanaan, sapientia et veritas, yang menjadikan kita manusia sejati. Melalui Mabim ini kami sadar dan diyakinkan bahwa di FISIPOL UNIMOR, cahaya itu ditumbuhkan dan ditambahkan dari hari ke hari. Dengan menjadi mahasiswa, kami masuk ke dalam kerangka itu. Kami adalah sivitas cahaya. Maka panggilan kami adalah terus merawat sekaligus merambatkan cahaya pengetahuan itu,” ungkap Oktavianus.


(Foto: Panitia Kegiatan Mabim FISIPOL UNIMOR Tahun Akademik 2022-2023)

Acara seremonial Penutupan Mabim FISIPOL UNIMOR Tahun Akademik 2022-2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Tradisional yang dibawakan oleh para peserta Mabim. (Ino/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments