Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KPUD TTS GELAR TES PPK DI SMA NEGERI 1 SOE

 

(Foto: Suasana tes online bagi calon PPK di SMA Negeri 1 Soe)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna memperoleh panitia penyelenggara pemilu yang berkualitas dan berkompeten dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar tes secara online bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di SMA Negeri 1 Soe selama dua hari kerja, yakni Kamis-Jumat (8-9/12/2022).

 

Kepada media ini, Kamis (8/12/2022), Ayub Victor Kolo, selaku Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat Dan Sumber Daya Manusia pada KPUD TTS, menuturkan tahapan seleksi dimulai dari proses pendaftaran dan seleksi adminstrasi, sehingga yang dinyatakan lolos adminstrasi sebanyak 530 orang untuk mengikuti tes tertulis secara online tersebut. Kemudian, sambung Ayub, peserta yang berhasil akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni wawancara.

 

“Sebab sesuai dengan aturan itu harus tiga kali dari jumlah PPK yang dibutuhkan, artinya dari setiap kecamatan itu 15 orang yang bisa lolos ke tahapan seleksi wawancara,” jelasnya.

 

Ayub juga menambahkan banyak peserta yang tidak lolos pada seleksi adminstrasi karena proses pendaftaran menggunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA), serta yang mendaftar mencapai 896 orang, tetapi ada yang tidak melengkapi berkas dan berdomisili di luar kecamatan yang dilamar.


(Foto: Ayub Victor Kolo)

“Karena aturan harus berdomisili di dalam kecamatan yang dilamar sehingga digugurkan serta terkait penilaian tidak ada standar nilai atau passing grade, tetapi berdasarkan peringkat dan apabila pada peringkat sebelas ke atas ada nilai yang sama akan ditetapkan semua sehingga bisa saja 16 atau 17 orang dari setiap kecamatan yang lolos dan dari KPU akan Pleno berdasarkan nilai dan pengumuman hasilnya bukan berdasarkan peringkat melainkan berdasarkan abjad,” tambahnya.

 

Sementara itu, Matheus Krivo, selaku Ketua KPUD TTS, ketika dikonfirmasi media ini, menandaskan bahwa informasi terkait proses seleksi tersebut sesuai dengan  informasi yang disampaikan sebelumnya.

 

Untuk diketahui, pelaksanaan tes tersebut harus digelar selama dua hari karena adanya gangguan teknis. Sebelumnya, pihak KPUD TTS telah menyepakati satu hari tes di dua lokasi yang berbeda, yakni SMA Negeri 1 Soe dan SMK Negeri 1 Soe. Namun, akibat adanya gangguan listrik di SMK Negeri 1 Soe, maka semua rangkaian tes dipusatkan di SMA Negeri 1 Soe. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments