Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

GUDEP GERAKAN PRAMUKA SMA NEGERI 3 KOTA KUPANG GELAR PERKEMAHAN PINDAH GOLONGAN

 

(Foto: Suasana pembukaan kegiatan Perkemahan Pindah Golongan pada Gudep Gerakan Pramuka SMA Negeri 3 Kota Kupang)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kota Kupang menggelar Perkemahan Pindah Golongan di bumi perkemahan permai, kompleks SMA Negeri 3 Kota Kupang, selama 2 hari, yakni Senin-Selasa (19-20/12/2022). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) SMA Negeri 3 Kota Kupang, Ishak Daniel E. Balbesi, S.Pd., Senin (19/12/2022).    

 

Dalam sambutannya, Ishak mengatakan bahwa kegiatan Pramuka dapat mendorong para peserta didik untuk menumbuhkembangkan jiwa kewiraan dan kemandirian di dalam diri masing-masing. Hal itu, sambung Ishak, bisa membentuk mental dan karakter peserta didik agar berani membela kebenaran serta menjadi pribadi yang mandiri.

 

“Mandiri yang dimaksudkan adalah tidak bersikap egois, melainkan suka bermusyawarah. Untuk itu, menjadi Pramuka bukanlah hal yang membebani dan membosankan. Menjadi Pramuka harus senantiasa riang dan penuh semangat dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan,” tambah Ishak.



Ia juga menerangkan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melakukan pengkaderan sekaligus meresmikan para calon bantara menjadi bantara. Para calon bantara tersebut, ujarnya, telah mengikuti Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan secara menyeluruh.

 

Lebih lanjut, Ishak turut menyampaikan limpah terima kasih dan apresiasi bagi semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut, terutama para Pembina yang masih setia dan terlibat aktif dalam melancarkan jalannya perkemahan pindah golongan dan pelantikan bantara. Untuk itu, ia berharap agar para peserta didik bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik hingga selesai.

  

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memajukan Organisasi Pramuka SMA Negeri 3 Kupang agar menjadi lebih baik dan berprestasi. Saya, selaku Kamabigus, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pihak yang mendukung, terutama para Pembina yang setia. Adik-adik yang menjalani kegiatan ini diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan panitia bisa bekerja sama untuk melancarkan kegiatan ini,” pungkasnya.



Untuk diketahui, setelah seremonial pembukaan, kegiatan akan dilanjutkan dengan hiking, games, dan sebagainya hingga ditutup secara resmi pada acara api unggun, Selasa (20/12/2022) sore. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Ketua Gudep Gerakan Pramuka SMA Negeri 3 Kota Kupang, Lucina Ni Ketut Prihayati, S.Pd., beserta para Pembina Pramuka, Silvester Wanggur, S.Pd., Dra. Wea Ernesta, Maria Lodang, S.Pd.,M.Pd., Yusup Koe Hua, S.Pd., Martinus S. Labamaking, S.Pd., dan Gracia P. P. B. Manuk, S.Pd.,M.Pd. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments