Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 1 ILE APE HADIRKAN DUDI DI SEKOLAH

 

(Foto: Para Praktisi sekaligus Pemateri dalam kegiatan Implementasi Link and Match Pembelajaran Berbasis Project Riil di SMK Negeri 1 Ile Ape)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) satu-satunya di Kabupaten Lembata, SMK Negeri 1 Ile Ape selalu berupaya untuk melakukan berbagai inovasi dan kreativitas dalam proses pengembangannya, sehingga program pengembangan SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai SMK PK benar-benar link and match (keterkaitan dan kesepadanan) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

 


Hadirnya Program SMK Pusat Keunggulan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja, serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. Ini adalah sebuah tantangan besar yang harus dijalankan oleh lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape saat ini.

 


Untuk itu, SMK Negeri 1 Ile Ape menghadirkan DUDI di lingkungan sekolah melalui Implementasi Link and Match Pembelajaran Berbasis Project Riil. Kegiatan tersebut menghadirkan para Praktisi dari DUDI yang mewakili enam program keahlian di SMK Negeri 1 Ile Ape. Pada kesempatan tersebut, Plh. Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Paulus Gerardus Hurint, S.T.,Gr., menyampaikan apresiasi atas kehadiran para Praktisi yang turut memberikan edukasi sekaligus sharing praktik baik terkait project rill bagi para guru dan peserta didik di SMK Negeri 1 Ile Ape.

 


Pembelajaran Berbasis Proyek adalah pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai soft skills, hard skills, dan karakter. Penekanan pembelajaran ini terletak pada aktivitas-aktivitas peserta didik dalam menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata.

 


Selanjutnya, para Praktisi diberikan kesempatan oleh lembaga sebagai guru  atau instruktur bagi para peserta didik pada masing-masing program keahlian. Pembelajaran Berbasis Proyek memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih merencanakan, melaksanakan kegiatan sesuai rencana dan menampilkan atau melaporkan hasil kegiatan. Produk yang dimaksud adalah hasil proyek berupa barang atau jasa dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi atau prakarya, dan lain-lain.

 


Untuk diketahui, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) memiliki beberapa peran penting dalam pengembangan SMK PK, diantaranya sebagai tempat prakerin peserta didik, tempat magang guru, tempat belajar manajemen industri dan wawasan dunia kerja, serta tempat implementasi kompetensi yang diperoleh dari lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape. (Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr./MDj/red)


Post a Comment

0 Comments