Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK NEGERI 1 ILE APE GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN DOKUMEN ADMINISTRATIF BLUD

 

(Foto: Suasana penyelenggaraan Workshop Penyusunan Dokumen Administratif BLUD di SMK Negeri 1 Ile Ape)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Pada Selasa (15/11/2022), SMK Negeri 1 Ile Ape, Kabupaten Lembata, menggelar kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen Administratif BLUD bertempat di aula sekolah tersebut. Menuju Sekolah BLUD merupakan muara akhir dari SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai SMK Pusat Keunggulan dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya dari masing-masing program keahlian yang ada di SMK. 



Dengan adanya Sekolah BLUD, maka SMK Negeri 1 Ile Ape akan memiliki legalitas dalam mengembangkan usahanya pada satuan pendidikan sesuai dengan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Ile Ape harus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lembata dalam menyiapkan SMK Negeri 1 Ile Ape menuju Sekolah BLUD demi kemajuan pendidikan SMK di tanah Lembata.

 


Dalam sapaan awalnya, Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit Kobun, S.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Lembata yang diwakili oleh Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna memberikan penguatan terkait penyusunan dokumen administratif BLUD di SMK Negeri 1 Ile Ape.




Mikael menegaskan bahwa materi yang disampaikan oleh Narasumber merupakan hal baru bagi SMK Negeri Ile Ape, sehingga semua peserta kegiatan boleh memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan sharing pengalaman bersama Narasumber. “Banyak produk yang telah dihasilkan anak-anak SMK serta membutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat. Hasil produk SMK ini pun belum dikemas secara baik sehingga belum bisa dipasarkan. Keunggulan bukanlah hasil dari suatu tindakan, melainkan suatu kebiasaan,” ungkap Mikael.

 


Selanjutnya, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperindag Kabupaten Lembata, Patrisius Pulang, S.T., selaku narasumber, dalam paparan materinya, menjelaskan strategi pengembangan BLUD sesuai dengan kewenangan Dinas Koperindag Kabupaten Lembata. Patrisius mengawali materinya dengan memaparkan berbagai produk hukum yang menjadi dasar pengembangan UMKM, salah satunya adalah Permen Perindustrian Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengembangan Industri Kecil dan Menengah di Sentral IKM melalui One Village One Product.

 


Selanjutnya, Patrisius menjelaskan rencana pengembangan UMKM yang meliputi identifikasi potensi dan kebutuhan masyarakat, analisis kelayakan usaha, permodalan, sumber daya manusia, proses produksi, inovasi, legalitas usaha, serta promosi dan pemasaran.




Sementara itu, di sela-sela kegiatan, kepada awak media, Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr., selaku Ketua Pelaksana Program SMK PK Skema Lanjutan Tahun 2022, menjelaskan, “Mengapa SMK Negeri 1 Ile Ape harus BLUD? Karena  BLUD itu merupakan langkah strategis dari Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka memberi payung hukum kepada SMK agar dapat menjalankan Unit Produksi, Teaching Factory, dan usaha-usaha lainnya yang selama ini sebagai sarana peningkatan kompetensi peserta didik secara realistis. Oleh karena itu, BLUD harus bisa diterima oleh semua pihak.”

 


Selanjutnya, Paulus juga mengharapkan agar ke depannya, seluruh warga SMK Negeri 1 Ile Ape mampu menjadi agen dalam menciptakan hal-hal yang baru dan unik, serta mampu mengelola sumber daya yang ada. Hal itu, ujar Paulus, berguna untuk menemukan beberapa peluang usaha demi mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan bagi diri sendiri dan lingkungan sekolah pada umumnya.

 


Menjadi agen berarti lembaga pendidikan SMK Negeri 1 Ile Ape harus mampu dan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang akan dijual dengan tanpa mengutamakan mencari keuntungan, melainkan lebih pada aktivitas kegiatan sekolah yang berorientasi pada prinsip efisiensi dan produktivitas,” tambah Wakasek Kurikulum SMK Negeri 1 Ile Ape tersebut.

 



Sebagai informasi, SMK Negeri 1 Ile Ape telah dipercayakan oleh Kemdikbudristek sebagai SMK Pusat Keunggulan dari tahun 2021. Akan tetapi, BLUD di SMK belum berjalan. Sebagai Ketua Pelaksana, Paulus mengharapkan agar pada Program SMK PK Skema Lanjutan di tahun kedua, yaitu tahun 2022 ini, program BLUD di SMK Negeri 1 Ile Ape dapat berjalan secara baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan internal sekolah. Kemudian, di tahun ketiga nanti, yaitu tahun 2023, program BLUD ini diharapkan sudah mulai berekspansi (memenuhi kebutuhan internal dan eksternal sekolah). (Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr./MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments