Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MERIAHKAN BULAN BAHASA, SMA NEGERI 2 MACANG PACAR GELAR BEBERAPA PERLOMBAAN

 

(Foto: Suasana perlombaan dalam memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 2 Macang Pacar)


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Guna memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, menggelar beberapa perlombaan di bidang akademik sebagai apresiasi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar, Yufentus Panok, S.Pd.,Gr. Menurut Yufentus, penyelenggaraan perlombaan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus memantik perkembangan potensi akademik peserta didik.

 

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tanah air, terutama di lembaga tercinta SMA Negeri 2 Macang Pacar. Kegiatan ini dibuat sebagai pemantik menumbuhkembangkan potensi akademik peserta didik dari berbagai aspek penilaian, yakni aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik,” tandasnya.

 

Yufentus menjelaskan bahwa aspek kognitif menjadi aspek utama dalam banyak kurikulum pendidikan dan menjadi tolok ukur penilaian perkembangan anak. Aspek kognitif, ujarnya, merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk kemampuan rasional. Kemudian, ranah afeksi, sambung Yufentus, merupakan materi yang berkaitan dengan emosi, seperti penghargaan, nilai, perasaan, minat, dan sikap  terhadap sesuatu hal. Sedangkan, aspek psikomotorik, terang Yufentus, meliputi keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang atau bahasa tubuh (gestikulasi). Kemampuan tersebut, ungkapnya, akan berkembang bila dipraktikkan sesuai teknik dan cara pelaksanaan.



Lebih lanjut, Yufentus menegaskan kepada para peserta didik yang ikut ambil bagian dalam kegiatan perlombaan tersebut agar bisa mengikutinya dari awal sampai akhir dengan sungguh sungguh. “Tingkatkan kualitas berbahasa yang baik dan benar, berikan argumen yang rasional sehingga mendapatkan hasil yang terbaik,” tuturnya.

 

Sementara itu, Sirilus Gonsi, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Perlombaan, menjelaskan bahwa Kegiatan Perlombaan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan oleh SMA Negeri 2 Macang Pacar dengan pelbagai mata lomba, yakni Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Jerman, dan Lomba baca kitab suci. 

 

Kegiatan rutin tersebut, lanjut Sirilus, mengangkat tema “Bangkit Bersama Mewujudkan Sekolah Berprestasi Melalui Pendidikan yang Inovatif”, serta didukung oleh Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) selaku mitra kerja SMA Negeri 2 Macang. Yayasan Gugah Nurani Indonesia adalah yayasan sosial yang bergerak di bidang hak anak melalui pemberdayaan masyarakat. 



“Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) kali ini sebagai pelaksana kegiatan dan peserta didik terpilih di SMA Negeri 2 Macang Pacar sebagai pesertanya. Sebenarnya kegiatan ini tetap dilaksanakan oleh sekolah tetapi keterlibatan Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) adalah mitra sehingga tahun ini yayasan dilimpahkan pelaksanaan kegiatan di SMA Negeri 2 Macang Pacar,” tambah Sirilus.

 

“Ada dua poin utama dalam kegiatan tersebut, yakni meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai ilmu berbahasa dan merupakan sarana belajar untuk peserta didik agar pandai berdebat aktif, berpidato, dan cakap berbahasa,” pungkasnya. (Deo Hironimus/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments