Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BBPPMPV GELAR PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 ILE APE

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Otomotif dan Elektronika Malang menggelar kegiatan Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) di SMK Negeri 1 Ile Ape, Kabupaten Lembata, selama 2 hari, yakni Jumat (29/9/2022)-Sabtu (1/10/2022). Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan dari program SMK Pusat Keunggulan dan dibuka secara resmi pada Jumat (29/9/2022).

 

Kehadiran tim dari BBPPMV Bidang Otomotif dan Elektronika Malang tersebut disambut secara hangat oleh Keluarga Besar SMK Negeri 1 Ile Ape. Suasana penyambutan tersebut turut disertai dengan lantunan syair-syair sastra Lamaholot dan alunan lagu penuh makna yang dibawakan oleh seorang peserta didik kelas XI/TKP, Marselinus Laba. Acara penyambutan tersebut diakhiri dengan sapaan “Ama Muh. Muchlas, S.Pd.,MT. dan Mochamad Sugeng Mentariadi, ST.,M.Sc. lera wulan pana pai gawe gere buka pita balok aran,oleh Ponsianus Puhugelong, S.Pd. yang memandu acara tersebut dikuti prosesi pengguntingan pita dan pengalungan. Setelah itu, tim beserta undangan diiringi masuk ke tempat kegiatan dengan tarian penyambutan oleh Sanggar Kesenian OSIS SMK Negeri 1 Ile Ape.

 

Pada seremonial pembukaan yang dipandu oleh Helena Linan, S.Pd. tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit Kobun, S.Pd., dalam sapaan awalnya, menyampaikan limpah terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbudristek atas kepercayaan dan dukungan penuh bagi SMK Negeri 1 Ile Ape sebagai SMK Pusat Keunggulan.

 

Atas nama lembaga, panitia dan semua stakeholder lembaga SMK Negeri 1 Ile, kami mengucapkan terima kasih yang berlimpah bagi Tim Pendamping dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Otomotif dan Elektronika Malang yang telah datang jauh-jauh dari tanah Jawa dan menjadi narasumber pada kegiatan Pendampingan Implemantasi Pembelajaran (PIP) di tanah Lembata khususnya di SMK Negeri 1 Ile Ape,” ungkap Mikael.

 

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan pemaparan materi oleh Narasumber, yakni Muh. Muchlas, S.Pd.,MT. dan Mochamad Sugeng Mentariadi, ST.,M.Sc. Pada kegiatan pendampingan hari pertama, Muh. Muchlas, S.Pd.,MT. memberikan tambahan pengetahuan bagi para guru SMK Negeri 1 Ile Ape tentang Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran.

 

Selain itu, beliau juga mengharapkan agar dengan adanya program SMK PK, SMK Negeri 1 Ile Ape semakin hari semakin baik dan terdepan, serta dapat bersaing dalam mewujudkan era industri 4.0 dan dapat menghasilkan peserta didik yang terampil di bidangnya, sehingga bisa terserap di dunia kerja dan siap berwirausaha nantinya.

 

Sementara itu, kepada media ini, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMK Negeri 1 Ile Ape, Bapak Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr., menegaskan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan oleh SMK Negeri 1 Ile Ape untuk berproses menuju SMK Pusa Keunggulan Skema Lanjutan di tahun 2022 ini. Persiapan tersebut, jelasnya, dimulai dari kegiatan Bimtek Komite Pembelajaran, Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka dalam kegiatan In House Training, serta kegiatan pendampingan dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bidang Otomotif dan Elektronika Malang.

 

“Untuk itu, semua stakeholder lembaga SMK Negeri 1 Ile Ape harus bergandengan tangan, bahu membahu untuk melakukan perubahan ke arah kebaikan bagi semua komunitas lembaga. Mari membangun tim yang kuat dan hebat dalam semangat kerja sama yang baik antara semua elemen dan berusaha untuk meningkatkan profesionalitas diri dan kinerja dari seluruh komunitas lembaga pendidikan seiring dengan meningkatnya laju perjalanan SMK Negeri 1 Ile Ape tercinta,” tambah Paulus yang merupakan Ketua Pelaksana Program SMK Pusat Keungggulan Skema Lanjutan di SMK Negeri 1 Ile Ape. (Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments